Mengenal Apa Itu Backlink Serta Manfaatnya Bagi Website

Pengertian Backlink

Pernah mendengar istilah hyperlink yang kerap digunakan untuk menghubungkan satu laman website dengan lainnya? Atau Anda lebih akrab dengan istilah backlink? Sebenarnya apa itu backlink dan bagaimana ia bekerja untuk sebuah halaman website?

Di tengah kemajuan teknologi yang kian menggila. Kegiatan bisnis tak lagi dijalankan dalam bentuk konservatif. Banyak pelaku bisnis yang memilih untuk beralih menjadi sistem digital, baik melalui aplikasi maupun situs website.

Tentu saja hal ini sudah umum terjadi. Bisnis dengan memanfaatkan media online seperti website ini menjanjikan banyak kemudahan bagi setiap orang. Terlebih di masa seperti ini yang mengakibatkan orang tidak bebas beraktifitas di luar ruangan.

Di tengah revolusi peradaban inilah banyak peluang bisnis baru yang terbuka lebar. Sehingga mau tidak mau, secara bertahap semua pelaku bisnis akan beralih menjadi pasar digital agar tetap eksis dan tak tersingkirkan.

Dalam membangun sebuah situs website bisnis, ada banyak poin yang perlu diperhatikan. Salah satu poin penting yang memberikan manfaat banyak pada website Anda adalah backlink. Istilah ini pasti terdengar asing untuk Anda yang baru berkecimpung dalam dunia blogging. Sebenarnya, apa itu backlink? Bagaimana cara kerjanya pada website Anda?

Apa Itu Backlink?

Backlink merupakan sebuah link yang bertugas sebagai jembatan penghubung diantara dua laman website. Link ini dipasang di sebuah laman website dan diarahkan kepada halaman baru yang akan menerima backlink ini.

Jadi, akan ada dua istilah, yakni website pemberi serta website penerima. Website pemberi adalah tempat dimana link ini ditautkan. Sedangkan website penerima adalah website yang akan menerima akses dari link yang ditautkan tadi.

Dalam pemrogaman HTML, konsep serta sistem kerja dari backlink ini sama dengan hyperlink. Yakni sama-sama menghubungkan dua website yang berbeda. Agar lebih mudah untuk di pahami, sistem kerja dari backlink ini dapat kita ilustrasikan sebagai berikut :

Misalkan website A adalah pemberi, dan website C adalah penerima. Jika website A memuat konten mengenai “pengertian plugin Yoast SEO” dan penulis ingin menautkan link didalamnya yang berisikan informasi mengenai “bagaimana strategi SEO yang baik untuk meningkatkan rating website” dan informasi ini ada di dalam website C.

Jembatan penghubung yang menjadikan pengunjung website A dapat mengakses website C inilah yang dikenal dengan istilah backlink ataupun hyperlink. Sehingga si penulis website A melakukan backlink pada website C, dan website C bertindak sebagai penerima.

Jika Anda bertanya, mana yang lebih menguntungkan diantara pemberi dan penerima backlink? Tentunya masing-masing mereka menerima keuntungan serta manfaat yang sama. Jika tidak, mana mungkin kerjasama ini bertahan untuk waktu yang lama, benar bukan?

Dalam penggunaan backlink ini, terdapat pula dua istilah berbeda yang disebut dengan external link dan inbound link. Lantas, apa itu backlink dan pembeda diantara dua istilah ini? 

Backlink atau juga disebut dengan external link ini bertugas untuk menghubungkan atau mengarahkan tautan kepada website lain. External link ini sangat berperan dalam meningkatkan rangking dari website yang Anda kelola.

Jika backlink merupakan tautan yang mengarah pada sumber atau website lain, maka lain lagi dengan inbound link atau internal link ini. Jadi, inbound atau internal link ini bertugas sebagai hyperlink yang akan mengarahkan pengunjung pada laman baru dengan domain yang sama.

Maknanya, internal link ini merupakan tautan yang akan mengarah pada halaman baru tetapi masih dalam website yang sama. Berbeda dengan backlink tadi, inbound link kerap kali dikenali oleh mesin pencari google sebagai link rekomendasi. Sehingga kinerja nya untuk website tak terlalu memuaskan.

Setelah Anda mengetahui apa itu backlink serta inbound link, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana mereka bekerja untuk website. Apa manfaat yang akan Anda dapatkan serta bagaimana caranya untuk megoptimalkan fitur ini pada website Anda. Simak penjelasannya berikut!

Fungsi Backlink Pada Website

Ada beberapa poin yang bisa dijadikan jawaban atas pertanyaan, mengapa backlink itu penting bagi berjalannya sebuah situs website. 

Memudahkan Google Untuk Menemukan Website Anda

Jawaban pertama untuk pertanyaan mengapa backlink itu penting adalah ini. Yakni cara agar mesin pencarian google menemukan website Anda. Dalam waktu tertentu, google akan melakukan crawling atau sejenis pembaruan. Hal ini berfungsi untuk menemukan halaman paling relevan dengan bahasan topik yang diperlukan.

Sistem kerja dari backlink ini bisa dikatakan serupa ketika manusia sedang menggunakan peta untuk menemukan sebuah lokasi. Untuk bisa menemukan lokasi baru, mesin pencarian google akan melakukan backlink dan memasukkanya ke dalam indeks pencarian.

Jika saling bertautan seperti ini, tentunya akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk menemukan lokasi yang terpencil. Dikarenakan saling terhubung dengan lokasi yang lainnya. Begitu pula dengan cara kerja backlink ini pada situs website.

Website yang telah mendapatkan backlink dari website lain akan semakin mudah didapatkan oleh mesin pencarian google. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, maka semakin tinggi pula kesempatan bagi website Anda terendus oleh google dan menempati posisi teratas dalam pencarian.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Ketika Anda melakukan pencarian dengan keyword tertentu pada browser google, maka secara otomatis mesin pencarian google akan menampilkan halaman situs terbaik untuk disajikan kepada si pencari tadi.

Google akan mengarahkan Anda kepada situs-situs populer yang membahas isu yang Anda butuhkan. Apa indikator website populer menurut google? Jawaban dari pertanyaan tersebut sangatlah sederhana, yakni backlink ini tadi.

Perlu Anda garis bawahi, backlink yang sesuai dengan kriteria google bukan hanya dinilai dari kuantitasnya, melainkan dari segi relevansinya terhadap website. Bagaimana backlink yang relevan ini? 

Tentu saja link tautan yang mengarahkan pembaca kepada laman baru yang relevan terhadap tulisan di awal tadi. Misalkan tulisan Anda pada website A membahas mengenai teknik bercocok tanam hidroponik.

Maka tautan yang akan dijadikan sebagai backlink haruslah relevan dengan niche pada website A tadi. Misalkan niche-nya adalah pertanian. Bayangkan apabila backlink untuk website A tadi berbicara mengenai otomotif, maka relevansinya patut dipertanyakan.

Membuka Peluang Rangking Website

Fungsi lain dari adanya backlink pada website ini mampu meningkatkan rangking serta popularitas website pada mesin pencarian google. Ternyata, jumlah total backlink dari sebuah situs mempengaruhi rangking website pada pencarian google.

Semakin banyak backlink yang relevan terhadap niche website Anda, maka semakin terbuka lebar peluang bagi website untuk menempati posisi tertinggi. Selain peringkat pastinya akan mempengaruhi popularitas website yang ikut meningkat. 

Dengan ini, jelaslah sudah bahwa backlink berperan penting bagi kinerja website Anda. Terlebih dalam dunia SEO karena bisa mempengaruhi rangking serta popularitas pencarian terhadap Google. Sekian ulasan mengenai apa itu backlink beserta manfaatnya terhadap sebuah laman website. Semoga bermanfaat dan memberikan Anda wawasan baru mengenai dunia SEO dan Web Developer.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *