Domain Authority (DA) - Page Authority (PA)

Apa Itu Domain Authority/Page Authority – DA/PA?

Domain Authority (DA) - Page Authority (PA)

Ada banyak istilah yang ditemui saat melakukan optimasi SEO. Salah satunya yaitu Domain Authority dan Page Authority, biasanya disingkat DA/PA. Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia SEO pasti mengetahui fungsinya. Tetapi bagi pemula atau sebagian orang belum memahami DA/PA – Domain/Page Authority.

Domain/Page Authority muncul ketika melakukan analisis SERP pada sebuah situs web, atau pada saat menganalisis/meriset kata kunci.

DA/PA yang tampil saat menganalisis sebuah website tujuannya adalah untuk mengetahui skor. Semakin tinggi skor website yang tertera pada kolom DA/PA berarti optimasi SEO sudah baik. Optimasi yang bagus akan membuat website tampil di halaman pencarian Google.

Namun bukan berarti website dengan DA PA tinggi pasti masuk ke halaman 1 google. Semua tergantung dari jumlah visitor yang masuk atau teknik SEO yang digunakan.

Pengertian Domain Authority dan Page Authority

Baik Domain Authority maupun Page Authority memiliki skor dari 1 sampai 100. Skor dapat dilihat pada Ahrefs atau situs DA PA checker gratis lainnya.

Domain Authority merupakan nilai dari sebuah website yang menjadi tolak ukur kepercayaan, berdasarkan refrensi dari mesin pencari dan pengguna. Semakin tinggi nilai domain website tersebut, maka semakin baik pula peringkat pada halaman pencarian.

3 Faktor yang digunakan mengukur nilai DA yaitu:

Popularitas Domain: Banyaknya backlink / inbound link yang mengarah ke situs web, maka semakin populer situs tersebut. Nah, dengan kepopuleran itu, nilai DA pun menjadi tinggi karena sudah dipercaya oleh pengguna.

Umur Domain: Semakin panjang umur domain menunjukkan konsistensi dari pemilik web dalam mempertahankan situsnya.

Volume Domain: Semakin banyak postingan sebuah artikel, membuatnya lebih banyak mendapatkan backlink yang masuk kedalam website (Link Juicy).

Page Authority hanyalah sebuah patokan satu halaman pada sebuah website. Jadi, apabila DA mengukur isi keseluruhannya, maka PA hanya mengukur satu halaman tertinggi yang sering muncul pada mesin pencari.

Tidak butuh cara khusus meningkatkan PA, yang terpenting yaitu konten situs haruslah berkualitas dan natural.

Bagaimana Menaikkan Nilai DA/PA?

Setelah mengetahui apa itu DA/PA – Domain/Page Authority, selanjutnya perlu untuk diketahui langkah menaikkan nilai keduanya. Melihat fakta bahwa semakin tinggi nilai DA/PA sebuah website berpengaruh pada peringkat yang baik, maka sangat penting mengetahui bagaimana cara menaikkan DA/PA. Terdapat 5 hal yang bisa dilakukan agar skor atau nilai DA/PA meroket. 

Buat Konten Berisi, Inspiratif, dan Terpercaya

Sebuah website dikatakan bagus jika diisi dengan konten yang memenuhi tiga unsur ini: berisi, inspiratif, dan terpercaya. Konten website yang mengandung ketiga unsur tersebut akan membuat nilai DA/PA sebuah website tinggi. Hal ini tentu akan membuat situs web Anda muncul di halaman teratas Google. 

Berisi

Pertama, buatlah konten yang benar-benar informatif dan berisi. Pembuat konten haruslah benar-benar menguasai ilmu dan pengetahuan pada konten yang dibuatnya. Jadi konten yang berisi membuat website memiliki skor DA/PA yang tinggi. Sebaiknya sebelum menulis konten, Anda pelajari dulu mengenai topik yang dipilih.

Inspiratif

Buatlah konten yang tidak sekedar informatif tetapi juga inspiratif. Selain akan membuat skor DA/PA tinggi, pengunjung website Anda juga bertambah banyak. Orang-orang lebih suka pada konten yang isinya inspiratif.

Terpercaya

Sejak awal membangun website pastikan bahwa Anda menyediakan informasi terpercaya. Informasi yang terpercaya dan valid akan membuat pengunjung menjadikan website milik Andasebagai referensi utama. Itu akan sangat menguntungkan bagi perkembangan website selanjutnya.

Mempromosikan Konten

Mempromosikan konten bertujuan agar dibaca oleh banyak orang. Semakin banyak yang membaca konten milik Anda, maka nilai DA atau PA website akan naik. Anda bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan dan membagikan konten yang sudah dibuat.

Ada 5 cara efektif mempromosikan konten website.

  1. Melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain sebagainya.
  2. Mempromosikan di kolom komentar akun media sosial yang memiliki banyak pengikut.
  3. Mempromosikan di forum jejaring online.
  4. Mempromosikan melalui email marketing.
  5. Menggunakan layanan Google ads, Facebook ads, dan Instagram ads menjangkau pembaca yang lebih luas.

Menumbuhkan Brand Awareness

Memahami apa itu DA/PA – Domain/Page Authority tidak hanya sebatas pada definisinya saja tetapi juga praktek cara menaikkan skor DA/PA. Salah satunya yaitu dengan menumbuhkan kesadaran para pengunjung atau pembaca pada keberadaan konten. Caranya dengan membuat nama, merek, gambar, tagline, slogan, dan logo.

Menumbuhkan brand awarness kepada pengunjung atau konsumen secara otomatis akan menaikkan nilai DA/PA website. Semakin rutin Andamembangun brand awareness website Anda, trafik kunjungan website juga semakin meningkat. 

Melakukan Teknik SEO On Page

Gunakan teknik SEO on page untuk mengoptimasi halaman website Anda. Teknik SEO On Page adalah salah satu cara untuk meningkatkan traffic pengunjung sebuah website. Website yang sudah dioptimasi dengan cara ini akan berada di halaman pertama pencarian Google. Jumlah pengunjung website pun akan meningkat dan skor di website juga mengalami kenaikan.

Membuat Internal Link

Internal link adalah link pada sebuah halaman website yang mengarah ke halaman lain pada website tersebut. Link tersebut memiliki keterkaitan dengan halaman lain. Pemasangan internal link dapat meningkatkan nilai Domain Authority dan Page Authority

Membuat Backlink

Cara efektif meningkatkan skor pada DA/PA website yaitu dengan membuat backlink pada setiap konten yang Anda buat. Backlink yang Anda buat pada konten haruslah backlink alami. Backlink pada website yang memiliki traffic pengunjung tinggi. Dengan begitu, website Anda juga mendapat banyak kunjungan.

Jadi, sangat penting mengetahui apa itu DA/PA – Domain/Page Authority beserta cara meningkatkan nilainya. Anda bisa mengetahui kualitas website di mata mesin pencari dengan cara melihat nilai DA/PA.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *