Apa Itu SEO

Apa Itu SEO? Ketahui Arti dan Manfaatnya

Apa Itu SEO

Bagi teman-teman yang sedang membaca artikel ini, tentunya ingin menguasai/mempelajari ilmu SEO lebih dalam lagi. Disini saya akan sedikit sharing mengenai arti dan manfaat SEO bagi perkembangan bisnis online. Namun sebelum saya memulai harap dicermati dengan baik, sehingga ilmu yang diberikan dapat diserap dengan maksimal.

Apa itu SEO? sudah menjadi pertanyaan umum bagi pemula yang ingin membangun sebuah website/blog. Sederhananya begini; optimasi SEO dilakukan untuk mendongkrak ranking website. Sehingga diharapkan situs kita muncul pada halaman pertama mesin pencari seperti Google. Lalu bagaimana praktiknya? Mari kita bahas dibawah ini.

Pengertian SEO

Sebelum mengenal SEO lebih jauh, Anda harus memahami apa singkatan dari SEO. Perlu diketahui singkatan SEO berasal dari bahasa Inggris yaitu Search Engine Optimization. SEO sebenarnya termasuk salah satu teknik marketing online tersukses dan worth it untuk diterapkan. Mengapa? Karena dapat dikerjakan secara gratis lalu rata-rata pengunjung selain dari marketplace besar, semua berasal dari halaman google (market Indonesia).

Beragam website menerapkan SEO untuk menggaet pelanggan dan juga sebagai optimalisasi blog mendapat adsense atau pembaca.

Trafik sebenarnya dipilih oleh mesin pencari, untuk menempatkan website mana saja yang berada pada pencarian teratas. Namun mesin pencari memiliki alogaritma tersendiri dalam menentukan urutan peringkat tersebut.

Diantaranya berdasarkan tampilan web yang menarik, fitur fungsional, kecepatan loading halaman, artikel yang menarik dan backlink berkualitas.

Istilah Dalam SEO

Dalam memahami apa itu SEO ada istilah-istilah yang kerap didengar oleh pengembang tulisan dengan teknik SEO. Beberapa hal yang familiar dalam memahami SEO diantaranya adalah :

Topik Konten

Dalam memahami apa itu SEO Anda harus paham betul bagaimana membuat topik konten yang berkualitas. Mencari topik konten tidak semudah membalikkan telapak tangan, pasalnya jika kata kunci yang kita sajikan ataupun keyword yang kita bidik tidak memiliki volume pencarian, akan sangat rugi.

Simple nya begini, Anda membuat artikel/website namun tidak ada yang melihat. Konteks disini perlu digaris bawahi, apakah dalam membuat konten hanya hobi tanpa menghasilkan atau ingin mendatangkan pengunjung.

Topik konten berkenaan dengan hal populer yang bisa menarik orang dan mesin pencari, dalam hal ini kita mengenal keyword sebagai sebuah topik konten. Membuat topik konten harus bervolume hal ini akan memungkinkan Anda mendapat perhatian mesin pencari.

Jangan lupa memanfaatkan alat seperti Google Trends untuk melihat topik konten apa yang pas bagi konten SEO Anda.

Backlink

Istilah ini mungkin tak asing lagi bagi Anda yang sudah lama menekuni dunia SEO. Ya! Backlink merujuk kepada link yang disematkan dari website lain untuk mengarahkanya ke website optimasi. Penggunaan backlink sudah marak terjadi pada dunia SEO. 

Sebenarnya fungsi backlink sendiri adalah untuk menaikkan page rank website sehingga popularitasnya pun ikut naik. Perlu di ingat dalam membuat backlink Anda harus memperhatikan kualitas dan kuantitas website yang ditautkan. Karena apabila salah, alih-alih naik ke halaman pertama. Malah membuat website terkena penalti Sandbox, bahkan parahnya lagi terhapus pada halaman pencarian google secara permanen.

Kecepatan Website

Jangan harap website Anda akan mendapatkan banyak pengunjung jika kecepatan website Anda bermasalah. Pada dasarnya membuat SEO yang bagus harus diiringi dengan optimasi website yang bagus pula. Hal ini mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam membuka website tak jarang pengguna meninggalkan pencarian hanya karena loading yang lambat.

Para expert SEO setuju bahwa kecepatan loading website termasuk jajaran terpenting. Bisa dibayangkan meskipun berada di page 1 google, ketika kita membuka situs dengan loading yang lemot. Apa yang dilakukan? Dipastikan 7 dari 10 orang akan menutup lalu mengganti dengan web selanjutnya.

Secara tidak langsung, hal itu akan berdampak pada bounce rate yang semakin tinggi. Untuk itu pastikan Anda mendapat kecepatan website sempurna sehingga memberikan kesan baik bagi pengguna.

Onsite SEO

Mengurus website Anda tidak hanya memperhatikan teknis luar, namun inti masalah sering ada dalam lingkup internal. Onsite SEO adalah cara yang digunakan untuk mengoptimasi SEO dari dalam. Banyak hal yang bisa di optimasi mulai dari melakukan search engine.

Pencarian Kata Kunci

Kata kunci atau keyword adalah hal yang cukup memusingkan dalam mengembangkan SEO. Karena pengaruhnya sangat besar bagi kemajuan SEO Anda. Memilih kata kunci tepat akan mempengaruhi grafik. Untuk itu pastikan SEO Anda memiliki keyword yang spesifik karena ini merupakan syarat-syarat SEO berkualitas.

User Experience

SEO Anda tergantung pengguna yang menelusuri mesin pencarian. Untuk itu, ibarat tamu di toko layanilah kedatangannya dengan sebaik-baiknya. Jika dalam kehidupan nyata istilah menjamu tamu, maka dalam dunia SEO Anda bisa melayani tamu dengan optimasi website.

Dimulai dari kecepatan website, tampilan elegan (tidak membingungkan) dan penempatan menu blog yang rapi. Tentunya memudahkan tamu dalam mencari barang atau layanan yang diinginkannya.

Content Marketing

Istilah content marketing sangat banyak di pakai ketika seseorang memahami lebih dalam mengenai apa itu SEO. Pasalnya di era yang semakin canggih gaya atau teknik pemasaran juga berubah untuk itu dibutuhkan content marketing. Content marketing mengemas SEO menjadi menarik karena menjadikannya lebih berkualitas.

Cara mengemas konten sangat beragam, tergantung target pemasaran dan tujuan pemasaran itu sendiri.

Alat Dalam Menerapkan SEO

Ketika menggunakan teknik SEO ada wadah terbaik untuk melakukan optimasi yaitu menggunakan alat. Banyaknya alat SEO yang sudah berkembang membuat website Anda selalu berada di atas mesin pencarian. Tak perlu khawatir jika Anda menginginkan optimasi SEO namun minim budget, berikut ini beberapa alat SEO gratis/berbayar yang bisa digunakan :

SEO Quake

Jika Anda mencari alat SEO yang akan memberikan optimasi SEO secara lengkap dan detail, maka SEO Quake adalah jawabannya. Melalui SEO Quake berbagai informasi penting SEO bisa didapatkan mulai dari jumlah dan negara pengunjung website Anda, hingga lalu lintas situs yang sedang trending dan lain sebagainya. 

Meski memiliki informasi yang lengkap serta toolbar beragam namun penampakan ikon dan angka  SEO Quake bisa sedikit susah dipahami bagi pengguna awam. Untuk itu perlu adanya pembelajaran terlebih dahulu sebelum menggunakan alat ini. 

Tak perlu meragukan alat SEO satu ini, karena sudah di pakai oleh jutaan orang dan menjadi toolbar yang paling populer di Dunia.

Google Trends

Dengan bantuan Google Trends untuk mendongkrak optimalisasi SEO. Kenyataan yang sedang dilihat sekarang adalah selera pasar yang berubah-ubah menyulitkan pemasar untuk melihat tujuan dan target klien yang akan di sasar.

Melalui google trends Anda akan diarahkan dengan trend terbaru di seluruh dunia tanpa repot. Google Trends akan menemukan istilah-istilah yang sedang populer dan booming saat itu juga. Kecepatan analisan google trends banyak membantu terutama grafik popularitas dari waktu ke waktu yang akan banyak memudahkan proses pemasaran melalui SEO.

Google Keyword Planner

Sebagai salah satu tools yang disediakan oleh google, GKP menyediakan informasi lengkap seperti rata-rata pencarian kata kunci setiap bulan, tingkat kesulitan memenangkan keyword, harga terendah dan tertinggi jika ingin mengajukan pengiklanan lewat google ads, dan yang terpenting yaitu saran-saran keyword langsung dari google itu sendiri.

Yang dimaksud dengan saran keyword itu dipilih berdasarkan kata kunci yang telah ditentukan dari google trends. Lalu diolah ke google keyword planner dengan mencari long tail keyword atau persamaan kata kunci.

Keywordtool.io

Fungsi alat SEO satu ini sangat beragam, namun kelebihannya terletak pada pemeriksaan kata kunci dimana tersedia untuk fitur youtube, blog, playstore, twitter dan lain sebagainya. Spesialisasi Keywordtool.io adalah menyediakan long tail keyword dengan pilihan yang banyak hingga tak heran banyak pemilik website menggunakan alat SEO satu ini.

Ahrefs

Toolbar satu ini banyak dilirik oleh seorang SEO expert, pemahaman tentang backlink akan sangat terbantu melalui Ahrefs. Meskipun penggunaannya sendiri tidak gratis/berbayar (sebulan sekitar 2,7 juta). Akan tetapi, melihat dari segi fungsional yang diberikan sangat lengkap dan jelas membuatnya layak untuk dicoba.

Untuk kebutuhan pribadi bukan promosi ya, saya sendiri lebih sering menggunakan ahrefs. Walaupun terbilang mahal, kami sebagai jasa seo harus dituntut maksimal dalam optimasi pengerjaan website.

Manfaat dan Keuntungan SEO

Mengenal apa itu SEO tak lengkap jika tak membahas manfaatnya, ada banyak keuntungan yang didapat ketika telah menerapkan SEO. Setelah diatas belajar mengenai aspek penting dalam memulai SEO, berikut manfaat-manfaat yang harus pemilik website atau Blogger ketahui yaitu :

Usaha Menggaet Pelanggan Gratis

Menurut sumber terpercaya dan pengalaman pribadi, pengunjung lebih tertarik membuka halaman pertama yang dijumpainya. Sangat jarang terjadi user membuka hingga halaman 2, bahkan bisa 3 4 atau seterusnya. Dengan berada di halaman pertama google dengan volume pencarian yang tepat, dipastikan pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Iklan 24 Jam Tanpa Biaya

SEO berkualitas akan membuat Anda tak perlu repot-repot mencari adsense untuk memasang iklan. Dengan optimasi SEO yang tepat, maka website Anda akan muncul dilayar atas rekomendasi penelusuran. Anda bisa memasang iklan secara gratis 24 jam tanpa perlu khawatir budget habis.

Penjualan Produk Lebih Menjanjikan

Banyak bisnis yang penasaran tentang apa itu SEO karena ingin menaikkan penjualan produk yang mereka jual. Namun perlu dipahami mengenai SEO On Page, selain itu banyak ketentuan lain yang harus dikuasai. 

Kata kunci adalah fokus utama dalam membuat SEO. Orang-orang cenderung mencari hal yang mereka inginkan. Fakta yang didapat ada sekitar 80% calon pembeli yang akan membeli sebuah produk mencari barang pilihan dari mesin pencari. Mereka akan memasukkan kata kunci dan penelusuran yang dijumpai pertama adalah barang paling sering diminati oleh pembeli.

Meningkatkan Brand Awareness

Memahami SEO akan membuat Anda paham apa itu SEO dan manfaatnya ternyata sangat besar bagi perkembangan perusahaan. Terutama dalam segi promosi, hal yang paling vital adalah Brand Awareness. 

Semakin sering pengguna melakukan pencarian dan sering menemukan artikel SEO yang kita buat. Mereka yang mulanya asing akan brand nama kita, lama kelamaan semakin familiar karena sering menemukan di mesin pencarian.

Target Pemasaran Lebih Terarah

Membuat SEO berarti bermain kata kunci, dari sinilah Anda akan memastikan target yang jelas. Karena memasukkan kata kunci yang tepat sesuai produk, akan mempengaruhi bagaimana pembeli mencari produk lebih mudah. Semakin jelas kata kunci yang dibuat, semakin membuat target pemasaran Anda menjadi lebih terarah.

Fungsi SEO yang Harus Anda Ketahui

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan SEO kepada website Anda. Hal selanjutnya yang perlu dibahas adalah fungsi SEO. Beberapa fungsi dari SEO diantaranya adalah :

Mengurangi Biaya Pemasaran

SEO adalah solusi pemasaran yang minim budget. Hanya perlu membuat tulisan dengan ketentuan SEO yang baik dan benar dan semakin bagus tulisan tersebut akan semakin mudah berada di pencarian utama.

Tampil di Halaman Utama

Orang-orang lebih suka membaca halaman pertama dari sebuah mesin pencarian. Melalui SEO akan benar kemungkinan website Anda berada di halaman utama. Tentunya pencarian akan lebih memilih artikel dengan teknik SEO yang bagus pula.

Penjualan Lebih Menjanjikan

Fungsi terakhir dari apa itu SEO adalah bagaimana sebuah tulisan bisa menaikkan penjualan. Melalui mesin pencari yang menyeleksi tulisan akan semakin mudah jika sudah sesuai dengan ketentuan dan syarat SEO.

Berbagai Macam SEO

Sesudah Anda mengetahui Apa itu SEO dan manfaatnya, pahami juga pembagian SEO berdasarkan ketentuannya. Untuk kita ketahui bahwa SEO terbagi menjadi empat diantaranya adalah :

Title SEO

Title SEO atau bagian judul yang mana berada sebagai topik sebuah masalah. Disini Title SEO telah terbagi menjadi dua  macam dalam satu halaman dimana ada jenis title statis yang berarti ini adalah bentuk judul yang digunakan untuk keseluruhan halaman dan menggambarkan jika judul tersebut adalah apa yang akan dibahas pada keseluruhan artikel. 

Sedangkan jenis kedua adalah titile dinamis atau judul yang bersifat dinamis maksudnya bisa berubah-ubah ini jenis judul yang telah merujuk pada suatu artikel dan bersifat dinamis atau bisa menyesuaikan sesuai pencarian.

Content SEO

Ini berkaitan dengan isi SEO tersebut, dimana SEO yang berkaitan dengan judul harus berhubungan dengan content SEO. Mengaitkan konten SEO dengan judul tentu tak mudah karena Anda harus mendapatkan materi yang pas terlebih dahulu sebelum memulainya.

Pastikan pembahasan yang dibahas SEO tidak melenceng dari judul yang dibuat, selain itu masukkan keyword-keyword yang memungkinkan SEO Anda semakin bagu dan akan bertempat dihalaman utama.

Page SEO

Melakukan SEO bisa dengan mengubah nama halaman yang ada dan ini bagian dari page SEO. Beberapa yang bisa kita lihat saat penulis artikel menggunakan modul Rewrite maka otomatis Anda bisa menyesuaikan halaman artikel seperti yang Anda mau. 

Kelebihan dengan menggunakan page/halaman SEO adalah keamanan yang lebih terjamin. Dimana ketika ada pengguna yang berniat jahat untuk mengacak website Anda ini bisa teratasi karena mereka tidak akan tahu file jenis apa yang benar-benar sedang aktif.

Url SEO

Jenis-jenis SEO yang terakhir selalu digunakan secara umum adalah Url SEO. Bertujuan untuk memudahkan teknik pencarian pengguna dalam mengakses website yang Anda buat. Seringkali kita dapati jenis Url suatu website dengan huruf-huruf yang tidak beraturan sehingga menyulitkan jika ingin mengingat hal  tersebut.

Alangkah bagus saat mengubah Url dengan menggunakan jenis url yang mudah diingat pengguna atau sesuai dengan deskripsi artikel SEO yang Anda buat. Hal ini sangat membantu pengguna dalam mencari artikel yang Anda terbitkan.

Hal di atas adalah sederet penjelasan mengenai dunia SEO ada berbagai jenis bahasan yang telah dibahas, mulai dari pengertian, manfaat, jenis-jenis, hingga fungsinya. Tentunya setelah Anda paham mengenai dunia seputar SEO, pengetahuan Anda semakin luas. Bukan hanya mendefinisikan apa itu SEO lebih kepada bagaimana ilmu lain seperti bagaimana mempraktekkannya dengan tepat untuk website Anda nanti.

Perlu diingat tak peduli sebagus apa itu SEO yang diterapkan kedalam website. Apabila tidak mengandung isi yang bermanfaat tentunya nilai dari SEO tersebut berkurang, meskipun SEO dikatakan bagus.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *