Definisi Apa itu Bounce Rate dan Fungsinya

apa itu bounce rate?

Sudah tidak asing lagi tentunya kehidupan jaman sekarang dalam mengenal website atau blog. Mungkin sebagian orang mengetahui bahwa dua hal tersebut hanya sebagai sarana informasi aktual yang ada di dunia ini. Namun apakah Anda tahu tanpa disadari terlebih sekarang, banyak sekali yang memanfaatkan website dan blog sebagai sarana bisnis dan penjualan.

Dalam hal ini terbukti pengaruh internet bisa membuat kita mendapatkan penghasilan tambahan. Nah untuk mendapatkan itu tentunya Anda harus berkarya dan menerbitkan konten sesuai dengan isu yang sedang trending. Dalam hal ini juga akan membuat Anda menjadi lebih kreatif dan peka akan kemauan pengguna.

Lalu apa hubungannya semua itu dengan bounce rate? Mari kita simak dalam ulasan kali ini.

Definisi Bounce Rate

Lebih jelasnya bounce rate merupakan istilah grafik atau persentase yang menampilkan berapa pengunjung pada website kita. Namun disini lebih menekankan seberapa lama pengunjung membaca atau melihat konten di website kita.

Namun yang menjadi keunikan disini adalah jika bounce rate website kita mencapai 100 bahkan mendekati maka ini tandanya buruk. Sebaliknya jika indeks dari bounce rate website kita mendekati angka-0 maka itu pertanda baik. Perlu Anda ketahui pula jika bounce rate akan mempengaruhi penghasilan Anda dari iklan. Jika Anda mendaftarkan diri bergabung dengan Google AdSense maka hal ini yang dibutuhkan. Semakin banyak dan semakin lama pengunjung berada di website milik Anda, maka penghasilan dari iklan akan besar.

Istilahnya ketika website kita tidak membosankan maka pengunjung akan betah berlama-lama di website kita. Maka akan menghasilkan angka bounce rate yang rendah. Namun ketika website atau blog kita membosankan pengunjung, maka angka bounce rate kita tinggi. Dan itu tandanya website atau konten kita tidak relevan.

Cara Menurunkan Bounce Rate

Mungkin yang terlintas di pikiran kita semua untuk merendahkan angka bounce rate pasti dengan mendesain website kita dengan menarik. Namun hal ini belum menjamin bounce rate website kita rendah. Bukan hanya visual yang menjadi pertimbangan pengunjung, namun ada beberapa hal seperti :

  • Desain

Sesuai dengan pembahasan tadi, desain bukanlah satu-satunya yang mempengaruhi bounce rate. Namun hal pertama yang membuat pengunjung nyaman dan merasa tertarik terhadap website adalah visualnya. Dalam hal ini, Anda harus membuat pengunjung merasa sangat nyaman dengan tampilan tata letak serta tidak menyulitkan untuk berinteraksi di dalam website kita. Sebenarnya tampilan website yang enak dipandang tidak harus padat atau ramai. Cukup dengan memberikan fitur yang praktis dan tidak membuat pengunjung kebingungan.

Ketika website Anda memiliki banyak widget yang menyulitkan pengunjung. Otomatis pengunjung akan merasa tidak tertarik dan keluar dari website Anda secepat mungkin. Untuk itu Anda perlu membuka website situs atau blog yang ada dipencarian teratas google. Lihat seberapa menarik website tersebut siapa tahu Anda akan mendapatkan inspirasi.

  • Kecepatan Loading

Hal ini sebenarnya sama pentingnya dengan faktor desain. Karena saat pengunjung membuka website tentunya akan ada loading yang menjadi jeda. Semakin cepat loading website yang Anda miliki maka akan semakin berkualitas. Tentunya ini akan mempengerahui bounce rate website yang Anda miliki. Hal ini sangat perlu diperhatikan, dikarenakan pengunjung tidak menginginkan website yang memiliki loading yang sangat lama.

Sebagai contoh, ketika kita membutuhkan informasi yang urgent dan saat membuka website memiliki loading yang lama tentunya akan membuat kesal. Bahkan belum sempat tampilan website terlihat kita sudah keluar dan mencari website yang memiliki loading sempurna. Tentunya jika disebutkan, loading website merupakan vital penting dalam dunia SEO dan pencarian google. Terlebih untuk bounce rate sebagai bukti jika website kita akan membuat pengunjung nyaman.

  • Isi Konten

Website yang menarik biasanya berasal dari konten yang kita publikasikan. Sesuai dengan isu terkini atau kebutuhan besar sebagian orang akan membuat website kita dilihat oleh pengunjung. Berikan konten yang informatif dengan bahasa kalimat yang original dan mudah dimengerti. Semakin original kalimat yang kita buat maka akan mudah dimengerti oleh pengunjung. Hal ini tentunya berpengaruh dalam kenyamanan pengunjung untuk berlama-lama menikmati konten yang kita miliki.

Pembahasan yang relevan dan mendekati SEO atau istilahnya Artikel SEO Frendly akan membuat bounce rate rendah. Ini akan menjadi kelebihan tersendiri dalam mengembangkan website Anda agar bisa mencapai peringkat teratas pencarian google. Jika Anda ingin memberikan informasi yang panjang usahakan jangan terlalu melenceng dan fokus terhadap pembahasan namun jangan monoton. Sebagai penulis handal tentunya Anda tahu bagaimana memberikan kesan menarik dan informatif di artikel atau konten.

Sangat diharuskan membuat konten sesuai kata kunci yang paling banyak dipakai pada pencarian google. Maka dari itu google akan melihat konten Anda terlebih memang harus relevan. Jadi setidaknya pengunjung akan mudah menemukan website Anda. Ketika dibantu dengan konten yang berbobot, loading yang sempurna dan desain website yang indah. Maka akan menghasilkan bounce rate yang rendah dan itu pertanda bagus.

  • Sediakan Fitur “Open Link In New Tab”

Seperti yang kita tahu, fitur ini disediakan pada halaman google saat pengunjung ingin membuka banyak website untuk referensi atau membaca. Jika ingin mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mengaturnya di WordPress.

Sebenarnya tanpa disadari hal ini akan membuat pengunjung nyaman. Ketika seseorang ingin mendapatkan banyak informasi maka biasanya akan meng-klik fitur ini. Sehingga ketika sudah membaca orang itu tidak perlu melakukan ‘back” dan akan tetap membuka website Anda.

Cukup simpel bukan? Namun tentunya ini menjadi cara yang sangat efektif yang mempengaruhi bounce rate website Anda.

  • Kurangi Iklan Sembulan atau Popup

Sebenarnya Anda bisa memilih iklan dan mendesainnya dengan sesuka hati. Popup bisa memberikan informasi tambahan untuk pengunjung jika memang relevan. Namun seringkali ada website yang memberikan popup sangat banyak dan tidak relevan. Itu akan mengganggu pengunjung dan membuatnya kesal. Tentunya pengunjung ingin segera meninggalkan website Anda jika terjadi seperti itu. Ini jelas akan mempengaruhi bounce rate web site Anda yang akan didapatkan.

Fungsi Bounce Rate

Sebagai pemilik dan pencipta konten sebuah website tentunya Anda ingin tahu seberapa bagus karya Anda. Dengan adanya bounce rate tentu itu akan menjadi indikator yang mengukur seberapa berkualitas website yang Anda miliki. Apakah sudah SEO frendly atau sudah sesuai dengan kemauan pengunjung. Sebelumnya sudah di ulas mengenai apa itu bounce rate dan cara menghindarinya.

Sekarang apa saja fungsi bounce rate selain sebagai indikator atau pengukur website yang Anda miliki. Berikut penjelasannya :

  1. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bounce rate berperan sebagai indikator pengukur. Seberapa berkualitas dan informatif kah konten kita, apakah akan memiliki bounce rate yang tinggi atau rendah. Dalam dunia SEO tentu saja ini sangat bermanfaat ketika konten Anda memiliki bounce rate yang rendah. Google akan menempatkan blog/situs Anda pada halaman pertama dan teratas di pencarian. Dengan begitu pengunjung akan lebih mudah menemukan konten Anda sesuai apa yang dia butuhkan. Ini juga sangat berfungsi bagi Anda yang membuat website sebagai media pemasaran produk atau iklan.
  2. Dengan adanya bounce rate tentu kita akan mengevaluasi konten sendiri. Hal ini akan sangat berharga karena kita bisa melihat selera pengguna atau pasar. Ketika website Anda memiliki bounce rate yang tinggi maka ada yang salah di website Anda. Seperti misalkan mengevaluasi loading website, konten yang harus lebih relevan, desain dan popup seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan begitu konten dan website Anda akan jauh lebih baik lagi jika Anda mengetahui apa saja yang menjadi kelemahan.
  3. Sebagai tolak ukur pengetahuan dan kesadaran pengunjung pada website kita. Ketika website kita memiliki bounce rate rendah, tidak menutup kemungkinan akan menjadi populer dipencarian google. Hal ini akan membuat semangat dalam berusaha atau berkonten menjadi tinggi dan memberikan awareness terhadap pengunjung. Intinya dalam fungsi ini, jika Anda menawarkan sebuah produk dalam website akan menjadi hal yang sangat menguntungkan. Dengan hadirnya iklan yang sesuai konten bisa saja menjadi informasi tambahan untuk pengunjung.
Perlunya Bounce Rate!

Dengan hadirnya bounce rate akan mempermudah kita semua untuk mengetahui apa yang menjadi kelemahan website yang kita miliki. Bounce rate merupakan indikator atau pengukur apakah website yang kita miliki sudah relevan dan sesuai dengan Search Engine Optimalization atau belum. Lalu faktor seperti desain, loading website, isi konten serta yang lainnya yang akan mempengaruhi bounce rate website kita. Apakah bounce rate kita rendah atau bahkan tinggi?

Dan itu semua yang akan menentukan nasib kita dalam berbisnis serta mengembangkan website yang kita miliki.

Nah itu dia ulasan mengenai Bounce Rate dan Fungsinya. Tentu saja ini akan bermanfaat bagi Anda semua yang sedang membangun sebuah website. Dan qqseo.id adalah jasa marketing digital yang membantu Anda dalam dunia SEO. Seperti jasa SEO, Membuat Website, Backlink, Artikel serta FB & IG Ads. Jika ada informasi lain seputar dunia SEO serta website, Anda bisa membuka menu blog kami. Disitu banyak sekali informasi penting yang akan membantu Anda dalam berkarya di era digital ini.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *