Cara Membuat Artikel SEO

Cara Membuat Artikel SEO Friendly Berkualitas

Cara Membuat Artikel SEO

Majunya teknologi lantas membuat banyak sektor ikut berkembang dan beradaptasi. Termasuk sektor informasi, yang sepertinya kita ketahui semua orang mengandalkan website di internet guna memperluas wawasan.

Bagi seorang blogger, hal itu menjadi penting untuk mempelajari cara membuat artikel SEO friendly. Terutama bagi Anda yang memiliki website pribadi maupun website berbagai kepentingan. Mulai dari melakukan branding bisnis, hingga kepentingan untuk mendapatkan keuntungan dari nilai ekonomi.

Sayangnya, masih banyak orang belum mengetahui cara membuat artikel dengan baik dan benar. Untuk itulah, akan saya jelaskan beberapa langkahnya.

Apa itu Artikel SEO Friendly

Sebelum mengetahui cara membuat artikel SEO friendly, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu definisinya. Sederhananya, artikel SEO friendly adalah jenis artikel yang mematuhi kaidah aturan standard SEO.

Ibarat kendaraan yang biasa menggunakan bensin biasa, akan lebih baik jika menggunakan pertamax. Memang artikel biasa tanpa menggunakan SEO dapat berjalan, tapi dengan bantuan SEO akan sangat maksimal dan lebih tepat sasaran.

Maksud dari artikel SEO friendly yaitu Artikel yang dibuat berdasarkan perencanaan keyword tertentu. Kemudian diseleksi dengan sempurna lalu dibuat senatural mungkin, sehingga pembaca nyaman dan mengerti alur cerita penyampaiannya.

Tujuan Membuat Artikel SEO Friendly

Apabila Anda sudah mengetahui definisi dari artikel SEO friendly, maka masih ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diketahui. Jangan sampai Anda susah-susah membuat artikel SEO, tapi ternyata tidak tahu alasan dibalik pembuatannya.

Tujuan paling utamanya yaitu supaya nantinya artikel yang Anda tuliskan berhasil masuk ke halaman pertama dari pencarian Google. Apabila artikel bisa masuk ke halaman pertama mesin pencarian Google maka banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu pengunjung artikel dipastikan melonjak tinggi.

Kenapa bisa begitu? Sederhana saja, apabila artikel Anda berhasil masuk di halaman pertama Google otomatis orang akan langsung mengkliknya. Hal itu tentunya akan menambah volume viewer artikel menjadi terus meningkat.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Terdapat beberapa tahapan dalam membuat artikel SEO friendly. Semua dapat dilakukan dengan pemahaman berbeda tetapi tetap berfokus pada User Experience.

Pilih Keyword yang Dicari Banyak Orang

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih keyword yang paling dicari oleh banyak orang untuk artikel Anda.

Keyword ini merupakan kunci utama bagi artikel agar lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. Untuk itulah, penting memperhatikan pemilihan keyword yang tepat.

Mengingat faktor penting dari cara membuat artikel SEO friendly yang menarik dibaca adalah dengan pemilihan keyword yang tepat. Caranya bisa dimulai dengan mengetahui target audiens yang diincar oleh artikel Anda. Dengan mengetahui target audiens ini akan lebih memudahkan menentukan dan menyesuaikan keyword untuk artikel Anda.

Contoh sederhananya adalah ketika website Anda fokus membahas kecantikan wanita maka Anda bisa memilih keyword yang dicari oleh target konsumen Anda. Mulai dari seperti kulit yang putih, tips menjadi cantik alami, produk skincare terbaik dan sebagainya. Dengan begitu artikel Anda akan dicari oleh banyak orang di internet.

Karena tujuan utama kita agar mendapatkan banyak pengunjung, maka carilah berita yang sedang viral, trending atau hot.

  1. Buka Google Trends
  2. Scroll kebawah lalu cari Trending baru-baru ini
  3. Seperti contoh gambar di atas buat lah berita dengan keyword penelusuran terbanyak seperti “Dewan Perwakilan Rakyat”, “Italia vs Moldova”, Knock Knock, dst
  4. Sebelum membuat artikel, searching dan riset dahulu pada halaman penelusuran keyword-keyword trending di atas

Artikel yang Menjawab Ekspektasi Pembaca

Kesalahan banyak pemula dalam menulis artikel adalah mereka seringkali sembarangan dalam menulis artikel. Bukan hanya tidak memperhatikan kaidah penulisan tapi juga tidak memperhatikan isi artikelnya. Kebanyakan masih mengisi artikel dengan tulisan asal-asal dan riset yang tidak terlalu mendukung.

Nyatanya hal tersebut sangat mempengaruhi SEO friendly dari artikel tersebut. Semua tidak terlepas dari robot Google yang dapat secara otomatis mengetahui apakah pembaca akan puas atau tidaknya dengan hasil pencarian. Indikator inilah yang kemudian menjadi sebuah tolak ukur tersendiri.

Indikator tersebut dimulai dengan lama waktu yang dihabiskan pembaca. Lalu apakah link artikel tersebut dibagikan karena menarik atau tidak oleh pembaca. Alasannya sederhana saja karena semakin lama pengunjung membaca artikel yang dibuat, tentunya menegaskan bahwa artikel tersebut memang berisi dan sesuai ekspektasi.

Sedangkan pilihan untuk membagikan adalah kepuasan pembaca terhadap artikel tersebut dan ingin orang lain membacanya juga. Nantinya hal ini akan membuat pihak Google memberikan poin lebih untuk artikel yang Anda tulis. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda dalam membuat artikel yang lengkap, riset mendalam dan sesuai ekspektasi tentunya.

Pastikan Artikel Layak Baca

Apabila mengingat fungsi utama dari sebuah artikel yaitu memberikan informasi kepada pembaca tentunya penting sekali memastikan bahwa artikel itu memang layak dibaca. Masalahnya, banyak pemilik website yang menyepelekan dan bahkan melewatkan hal penting ini.

Biasanya karena kebutuhan untuk terus upload dan deadline yang mengejar. Kombinasi tersebutlah yang kemudian membuat artikel yang ditayangkan di website biasanya jauh dari kualitas yang baik apalagi layak baca.

Mulai dari logika yang tidak runout, kesalahan tanda baca hingga penyampaian yang tidak enak. Jika Anda sampai melakukan hal tersebut akan menjadi nilai minus di mata pihak Google.

Jadi pastikan bahwa Anda memang menulis artikel tersebut dengan baik dan benar. Tidak hanya itu saja, lebih baik lagi kalau Anda melakukan self editing ketika tulisan sudah selesai ditulis. Usahakan untuk jangan terburu-buru langsung menguploadnya tanpa memperhatikan kualitasnya.

Akan jauh lebih baik lagi kalau ternyata Anda memiliki editor khusus yang memperhatikan kualitas dari artikel yang akan diupload.

Optimasi Gambar untuk Kebutuhan Artikel

Sedangkan cara membuat artikel SEO friendly yang terakhir adalah dengan mengoptimasi gambar. Seperti yang diketahui bahwa gambar ini sendiri faktor pendukung untuk membuat artikel semakin terlihat menarik di mata pembaca. Bayangkan saja, apabila ada sebuah artikel yang tanpa ada gambar ilustrasi di dalamnya. Pastinya akan terasa membosankan dan enggan untuk dilanjutkan dibaca.

Namun Anda juga jangan sampai sembarangan dalam memilih gambar untuk kebutuhan artikel ini. Langkah pertama pastikan terlebih dulu bahwa nama file gambar sesuai dengan fokus keyword yang Anda gunakan. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang membuat artikel SEO friendly di media online.

Supaya nantinya pihak Google lebih mudah dalam menyesuaikan artikel dengan gambar yang diunggah oleh Anda. Langkah keduanya adalah dengan memastikan bahwa alt text pada gambar juga mesti ditulis sesuai dengan fokus keyword yang sudah ditulis barusan. Supaya Google bisa mendeteksi lebih cepat gambar yang ada pada artikel tersebut.

Lalu langkah terakhirnya adalah dengan mengoptimasi gambar tersebut atau mengecilkan ukurannya. Alasannya sederhana karena dengan mengompres ukuran gambar menjadi lebih kecil maka loading page juga lebih cepat. Jadi pembaca tidak perlu menunggu waktu lama ketika ingin membaca artikel ini secara utuh.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara membuat artikel SEO friendly untuk kepentingan website. Jadi nantinya semua trik di atas bisa langsung Anda praktikan pada website yang dimiliki.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *