7 Cara Mempercepat Loading Website Sempurna

Beragam hal sering dilakukan untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat.  Semakin cepat mendapatkan informasi maka semakin update seorang pengguna mengolah data tersebut.

cara mempercepat loading website

Mempunyai website dengan load speed adalah hal yang sangat diinginkan pengguna internet. Terlebih maraknya website yang memiliki loading lambat sehingga suatu informasi perlu ditunggu beberapa saat. Hal ini sering membuat pengguna internet menjadi kesal dan mencari website lain yang lebih cepat.

Untuk mengatasi website yang lelet perlu beberapa cara yang bisa diterapkan oleh pengembang website. Hal ini tentunya tidaklah sulit jika tahu cara mempercepat loading website yang tepat.  Beberapa hal yang harus kamu tahu ketika ingin memahami cara mempercepat loading website diantaranya adalah :

Panduan Menilai Kecepatan Loading Website

Sering kita bertanya-tanya berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuka website sehingga bisa disebut mempunyai loading cepat dan begitupun sebaliknya.  Untuk itu terdapat patokan atau tolak ukur suatu website bisa dikatakan memiliki loading yang baik ataupun tidak, diantaranya adalah :

Website Loading Buruk

Untuk kapasitas waktu yang ditetapkan, mengenai loading website yang termasuk kedalam loading buruk atau jelek. Berkisar antara waktu yang memerlukan pembukaan lebih dari 7 detik keatas . Website jenis ini memang wajib untuk dievaluasi.

Website Loading Standart

Beberapa website banyak memiliki loading waktu yang masih normal. Dengan rentang waktu antara 3 hingga 7 detik namun jika lebih dari itu sudah dikategorikan lambat atau buruk.

Website Loading Di Atas Rata-rata

Mungkin ada beberapa website yang mempunyai kecepatan diatas rata-rata. Yang mana memiliki kisaran waktu saat membuka sekitar 1 sampai dengan 3 detik.

Website  Loading Sempurna

Memang cukup sulit menemukan website yang memiliki kecepatan supercepat. Biasanya ini termasuk golongan website dengan loading sempurna. Waktu yang ditempuh untuk membuka halaman muncul di website yang diinginkan hanya berada dibawah 1 detik.

Pada dasarnya kecepatan website yang lambat akan sangat berpengaruh dan menimbulkan banyak efek negatif. Salah satunya hal yang terpenting akan mempengaruhi kedalam Search Engine Result Page (SERP) . Selain itu kepuasan pelanggan terhadap website juga akan mempengaruhi performa website dan konten yang dibuat. Dari segi pedoman atau tolak ukur kecepatan website tersebut biasanya didapatkan dari beberapa tool.

Untuk mengetahui sebuah website bisa dikategorikan mempunyai kecepatan yang sempurna atau malah buruk, kita bisa memakai patokan dari GTMetrik, Pingdom, atau WebPageTest dan jenis tool lainnya. 

Cara Mempercepat Loading Website

Banyak hal yang bisa memicu lambatnya pergerakan untuk membuka sebuah website yang telah di masukkan dalam mesin pencari. Kesulitan ini mengantarkan banyak pengembang website ingin mengetahui bagaimana cara mempercepat loading website. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika ingin mengetahui cara agar loading cepat diantaranya adalah :

Berat Gambar Dalam Website

Sering terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak terlihat dalam mengembangkan tulisan yang dibuat. Hal ini termasuk dalam memilih gambar yang tepat untuk artikel atau tulisan yang akan diterbitkan pada website tersebut. Masalah yang tak banyak diketahui semua orang terdapat pada saat pengembang website memasukkan gambar. Tentunya gambar kan didesain sampai relevan dengan tulisan namun biasanya memiliki ukuran yang besar. Untuk itu sering membuat website loading lebih lama.

Cara agar loading website cepat adalah dengan memilih gambar yang bagus dan relevan dengan tulisan. Namun ukuran file gambar tersebut tidak terlalu tinggi. Usahakan gambar untuk artikel tidak mencapai atau berada dibawah 1 MB. Akan tetapi jika website yang Anda kembangkan memiliki gambar pilihan lebih dari 1 MB, Anda bisa melakukan compress gambar. Sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi pengecil ukuran file, contohnya Anda bisa menggunakan Imagify atau Smush dalam melakukan proses compress gambar.

Memilah Plugin

Sejatinya dengan adanya plugin bisa mengganggu kecepatan website yang Anda kelola. Untuk itu penting dalam memperhatikan adakah plugin yang tidak penting dalam website yang Anda kelola. Sebaiknya memilih plugin yang mempunyai dampak bagus untuk website tersebut. Dan jika ada plugin yang banyak memuat script, banyak request dan juga menambahkan ektra query pada database website Anda maka jangan ragu untuk menghapus plugin-plugin tersebut.

Plugin Caching

Cara mempercepat loading website lainnya adalah dengan saran untuk menggunakan plugin caching dalam mengembangkan website yang Anda kelola.  Cache memudahkan pengembang website membuat sebuah proses penyimpanan sementara dan ini banyak dipraktekkan oleh beberapa pengelola website. 

Jika cache sudah tersimpan otomatis kecepatan website akan lebih bekerja. Hal ini sebenarnya merupakan cara mempercepat loading wordPress. Yang mana menggunakan plugin tertentu dalam mempercepat loading diantaranya adalah WP Fastest Cache, WP Super Cache, Hyper Cache, WP Rocket dan W3 Total Cache. Nama tersebut adalah jenis-jenis plugin yang banyak digunakan wordPress untuk cara agar loading website cepat.

Mengoptimalisasi Database 

Jika masih kesusahan dalam mempercepat loading dari sebuah website. Anda bisa mencoba cara dengan mengoptimalkan database website melalui pluggin WordPress. Hal tersebut biasanya akan berhasil mengoptimalisasi website. Terlebih ada banyak hal lain yang bisa dilakukan ketika melakukan proses optimasi database. Diantaranya adalah kegiatan compress gambar, melakukan penerjemahan, draft post atau post revisi dan lain sebagainya.

Memperkecil Gambar

Cara mempercepat loading website selanjunya adalah dengan melakukan pengecilan gambar. Hla ini sebenarnya sangat berbeda dengan compress gambar yang memperkecil ukuran file gambar sedangkan gambar yang diperkecil kali ini meliputi panjang dan lebar. Jika tadinya gambar yang dimasukkan berukuran besar seperti 780 x 420 Anda bisa melakukan pengecilan ukurannya seperti menjadi 300 x 162 dengan menggunakan berbagai aplikasi edit foto seperti photoshoop.paint dan lain sebagainya.

Cara memperkecil gambar ini dinilai bisa berhasil untuk mempercepat waktu loading sebuah website.

Melakukan Minify File CSS

Terkadang karakter dalam struktur kode sebuah website seringkali mengganggu. Terlebih hal ini ternyata sangat membuat website menjadi lebih lama dalam waktu loadingnya. Untuk itu melakukan Minify atau penghilangan karakter pada struktur kode yang tidak diperlukan adalah hal yang tepat. Melakukan proses ini sebenarnya tidak membutuhkan jangka waktu lama untuk itu banyak yang merekomendasikan melakukan minify file CSS,

Akan lebih baik menggunakan plugin autoptimize karena dirasa lebih gampang dalam membuat minify file CSS.

Melakukan Hosting 

Memang tidak mudah untuk mempercepat loading yang ada pada website. Mengelolanya dan mencari masalah yang menyebabkan website bermasalah perlu waktu yang cukup lama. Untuk itu kejelian sangat dibutuhkan. Cara mempercepat loading website yang lain adalah memindahkan data-data yang ada pada website Anda ke penyedia hosting. Hal ini dirasa cukup bisa menjadi alternatif untuk mempercepat loading sebuah website. 

Tentunya setelah Anda melihat berbagai ulasan di atas, memiliki sebuah tantangan yang banyak dalam mengurus permasalahan cara mempercepat loading website. Hal ini menuntut Anda menjadi seorang peneliti yang detail sehingga bisa menganalisa dimana letak kesalahan sebuah website sehingga butuh waktu lama untuk dibuka. Jika sudah ketemu masalahnya maka perbaikan akan bisa dilakukan secara mudah. Semoga ulasan yang dibahas diatas akan membantu anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *