Tips dan Trik Optimalkan Cara Setting Yoast SEO Terbaru

Yoast SEO

Bagi pengelola website, pastinya akrab dengan fitur yang satu ini. Plugin Yoast SEO ini merupakan alat penting untuk meningkatkan trafik serta pencarian pada sebuah halaman website. Terlebih apabila website dikelola dengan hosting sendiri. Untuk mengoptimalkan fungsi plugin Yoast SEO ini, diperlukan setting yang tepat dan akurat. Berikut kami sajikan tips dan trik cara setting Yoast SEO untuk meningkatkan trafik website.

Banyak yang belum tahu, dalam mengelola sebuah halaman website, kita bertanggung jawab untuk menjaga. Bukan hanya menjaganya, dengan serta mengupayakan agar website tersebut tetap eksis dan mendapatkan ranking yang terus meningkat.

Upaya untuk ini bisa beragam bentuknya, salah satunya dengan bersikap konsisten dalam memposting konten ke dalam website. Menulis konten juga tak bisa dilakukan sembarangan begitu saja.

Dalam menulis konten untuk website ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Seperti pemilihan keyword yang relevan, topik informatif, url, tag deskripsi dan poin-poin lainnya. Sehingga artikel yang Anda tulis akan berubah menjadi SEO friendly.

Apa itu artikel SEO friendly dan apa manfaatnya bagi sebuah situs website?

Mengenal Artikel SEO Friendly

Apa itu artikel SEO friendly? Tak jauh berbeda dengan artikel yang ditulis pada umumnya. Artikel SEO merupakan artikel yang ditulis dengan pendekatan Search Engine Optimization, makanya lebih dikenal dengan tulisan SEO friendly.

Dalam penulisan artikel SEO ada beberapa rules yang harus terpenuhi, tujuannya agar tulisan digemari oleh pembaca dan mesin pencarian google. Sehingga membuka peluang untuk artikel ini muncul pada halaman teratas hasil pencarian browser.

Lantas, apa manfaat tulisan SEO friendly ini bagi sebuah situs website?

Karena tujuan dari penulisan SEO friendly ini untuk menguasai peringkat teratas halaman pencarian. Maka jelaslah sudah trafik kunjungan pembaca pada website akan terus meningkat.  Artinya keberadaan website telah diketahui oleh banyak orang dan dapat dijadikan acuan dalam mencari sebuah informasi.

Pada umumnya, artikel SEO friendly ini dipakai sebagai strategi bisnis bagi banyak orang yang mengalihfungsikan pasarnya menjadi pasar digital. Semakin tinggi popularitas sebuah website, maka semakin tinggi pula kredibilitas yang terbangun di kalangan pembeli.

Lalu, apa itu plugin Yoast SEO dan bagaimana hubungan diantara keduanya?

Sebelumnya sudah saya singgung bahwa dalam menulis artikel SEO friendly ini terdapat beberapa rules yang harus terpenuhi.

Plugin Yoast SEO inilah salah satu dari rules tersebut. Yang berfungsi sebagai konfigurasi pada halaman website untuk memberi tahu google bahwa tulisan atau konten ini adalah SEO friendly. Plugin Yoast SEO ini menjadi plugin paling populer yang banyak dipakai oleh pengelola blog ataupun website, terutama pengguna CMS WordPress.

Plugin Yoast SEO menjadi istimewa diantara kalangan sejenisnya karena memang dibekali dengan fitur handal serta powerfull. Apa saja fitur istimewa tersebut?

Dengan plugin Yoast SEO ini pengguna akan diberikan rekomendasi keyword apa yang baik untuk di implementasikan ke dalam tulisan. Termasuk disana rekomendasi url dan tag deskripsi. Yoast SEO juga memungkinkan untuk Anda apabila ingin menambahkan SEO title, meta description beserta meta keyword pada setiap postingan. sehingga artikel yang Anda tulis akan sempurna menjadi SEO friendly.

Sebelum menerapkan plugin ini, tentunya Anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu. Mulai dari menginstall sampai dengan mengubah setting menjadi sesuai dengan kebutuhan. Berikut kami bagikan uraian lengkap mengenai cara setting Yoast SEO untuk Anda!

Cara Setting Plugin Yoast SEO

Untuk bisa menggunakan plugin ini, Anda harus melakukan beberapa tahapan berikut terlebih dahulu. Tenang saja, cara menginstall serta cara setting Yoast SEO tidaklah begitu rumit. Simak panduan berikut secara perlahan, ya!

Langkah 1; Install

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall plugin ini terlebih dahulu ke akun wordpress yang Anda miliki.

  • Buka halaman dashboard wordpress Anda, lalu masukkan username beserta passwordnya.
  • Pada halaman dashboard, akan muncul beberapa pilihan menu. Cari menu Plugin lalu pilih Add New.
  • Silahkan pilih plugin Yoast SEO, karena disini kita akan menginstall dan menggunakan plugin ini.
  • Jika sudah, silahkan mulai menginstall dengan menekan tombol yang tersedia di ujung kanan. Tunggu sampai proses selesai.
  • Jika proses install telah selesai, tekan tombol activate untuk mengaktifkan plugin Yoast SEO Anda.

Coba lihat pada halaman dahboard yang berisi pilihan menu tadi, Anda akan melihat ada tambahan menu disana, yakni SEO. Plugin Yoast SEO siap digunakan.

Langkah 2; Transfer Data

Sebenarnya banyak jenis plugin yang dapat digunakan mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Jadi tidak menutup kemungkinan sebelumnya ada yang memakai plugin berbeda selainYoast SEO ini. Transfer data ini diperlukan untuk mempermudah pengguna karena tak perlu melakukan setting dari awal. Untuk Anda yang masih pemula, maka bagian transfer data ini bisa dilewatkan saja.

Langkah 3; Setting General

  • Pilih menu SEO pada halaman dashboard wordpress Anda.
  • Pilih tab general. Tab ini berfungsi untuk membuka serta mengatur konfigurasi pada halaman website. Bagian ini juga bisa Anda abaikan saja.

Langkah 4; Features

  • Silahkan beralih dari tab general ke tab features.
  • Pada bagian advanced seting pages, ubah pengaturan menjadi enabled untuk mengaktifkan pengaturan ini.
  • Klik save changes untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Jika sudah, Anda akan menemukan beberapa sub menu yang muncul ketika menu SEO yang Anda pilih.

Langkah 5; Your Info

  • Pilih tab your Info.
  • Masukkan nama beserta informasi lainnya dengan jelas, tepat dan benar.
  • Pada kolom website name, tuliskan nama yang akan menggambarkan jenis dari website Anda. Jika dikosongkan, maka Yoast SEO secara otomatis akan menulis title dari website yang Anda kelola.
  • Pilih company jika website yang Anda kelola sebagai website perusahaan, sertakan nama dan logo didalamnya juga.
  • Pilih person apabila website ini untuk dikelola secara pribadi atau milik perorangan.
  • Klik save changes untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat.

Langkah 6; Web Master Tools

Plugin Yoast SEO mengijinkan Anda untuk menambahkan webmaster tool yang berguna untuk melihat serta membaca insight data website melalui pencarian google. Anda hanya perlu menambahkan kode meta dari pencarian google tadi di kolom yang telah di sediakan.

Langkah 7; Security

Urutan terakhir dalam cara setting Yoast SEO ini adalah tab security. Hanya ada satu pilihan pada tab ini, yakni mengaktifkan advance meta box dari Yoast SEO. Saya sarankan untuk menonaktifkan pengaturan ini.

Karena plugin Yoast SEO ini dibekali dengan fitur yang super lengkap. Anda juga bisa mengatur title dan meta sebuah website, tampilan judul tulisan saat berada di search engine. Pengaturan ini bisa Anda gunakan sampai dengan menambahkan tautan media sosial di dalamnya.

Nah itu dia ulasan seputar cara setting Plugin Yoast SEO dalam membantu optimalisasi SEO Friendly. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda lebih berkembang lagi dalam merakit website. Jika Anda kebingungan dalam hal seputar web developer, QQSEO menyediakan berbagai Arikel SEO Friendly di menu blog. Anda bisa membaca dan memahaminya. Samapi jumpa di lain ulasan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *