Apa Itu Content Marketing? | QQSeo

Content MarketingContent Marketing atau Konten Marketing sama saja. Banyak perusahaan atau bisnis yang sedang berlomba-lomba memasarkan produknya sebaik mungkin. Hal itu guna meningkatkan volume penjualan produk, namun tak jarang masih buntu dan tetap tidak mendapatkan hasil yang signifikan. Untuk menghindari pemasaran yang sia-sia maka menerapkan content marketing atau pemasaran konten adalah cara terbaik. Namun tentu bagi Anda masih penasaran sebenarnya apa itu content marketing?

Di tengah era digital yang membuat semua akses lebih mudah melalui internet. Content marketing juga menyesuaikan diri dengan beradaptasi pada perkembangan zaman. Terlebih saingan penjual atau bisnis yang sangat banyak menuntut kita mempunyai konten pemasaran yang unik dan juga kreatif tanpa mengabaikan kualitas dari barang yang dipasarkan. Untuk itu banyak perusahaan berlomba-lomba membuat konten marketing yang bagus sehingga bisa menarik pelanggan dari konten tersebut.

Pengertian Konten Marketing

Jika Anda kebingungan tentang apa itu content marketing, dalam artikel ini akan membahas segala hal mengenai konten marketing. Content Marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang melibatkan sebuah proses pembuatan yang relevan,konsisten, penting dalam distribusi. Harus berisikan sebuah hal yang menarik untuk para pelanggan yang ada. 

Cara menarik pelanggan adalah menggunakan cara konversi. Yaitu dari mulanya audiens menjadi seorang konsumen atau pelanggan hal ini merupakan proses atau hal vital bagi konten marketing.

Setiap elemen yang dimiliki content marketing haruslah sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dari pengertian diatas. Digunakan untuk menarik perhatian pelanggan dalam membeli produk atau brand yang sedang kita jual. 

Relevan adalah salah satu poin yang dianggap sebagai hal yang harus diketahui target audiens. Dalam memasarkan produk tentunya harus relevan. Sesuai dengan visi dan misi perusahaan atau produk yang dijual.

Poin penting dalam pengertian teknik marketing merujuk pada pelanggan dan penjual. Hal ini menginisiasi apakah suatu produk tersebut penting atau tidak diketahui konsumen. Alangkah baiknya mencari konten yang penting. Tidak hanya untuk perusahaan penjual produk namun lebih pada konsumen. Terlebih ketika ingin melihat produk Anda memiliki grafik yang bagus maka kualitas konten juga harus sejalan dengan konsep. Itu adalah hal yang penting bagi pelanggan untuk melihat produk kita.

Konsisten, melakukan pemasaran tidak cukup hanya satu kali. Karena hal tersebut membutuhkan sebuah kedisiplinan terlebih ketekunan dalam menjaga konten yang kita buat. Untuk itu konsisten dalam membuat konten pemasaran sangat dibutuhkan. Hal ini untuk menjaga kepastian dari target audiens yang akan dikonversi menjadi pelanggan. Jadi intinya jangan mudah merasa puas. Anda harus semangat dalam membuat konten promosi agar produk semakin terjual.

Ada tiga hal penting dalam memasarkan produk. Yaitu konsisiten, relevan dan penting adalah sebuah keharusan untuk mengkonversi calon audiens menjadi pelanggan. Tentunya itu adalah sebuah usaha yang paling utama dalam menggaet konsumen.

Bentuk Konten Marketing

Setelah memahami sedikit banyak pengertian mengenai apa itu ko marketing. Hal yang tak kalah penting yang harus dibahas adalah bagaimana bentuk-bentuk konten marketing. Mengingat banyaknya platform digital yang tersedia sekarang, maka menjamur pula konten marketing. Itu adalah cara paling modern dalam menggaet pelanggan yang sedang menggunakan berbagai platform berikut :

  • Ebook

Membaca ebook mungkin adalah pilihan yang dilakukan beberapa perusahaan untuk mengenalkan produk mereka. Ebook dipilih karena lebih efesien dan praktis dibandingkan buku. Ebook sangat cocok untuk content marketing yang membutuhkan bidang yang panjang dan luas untuk diisi konten. Membuat orang-orang membaca ebook tidaklah terlalu sulit.

Cukup membuat syarat sehingga audiens butuh mendownload ebook Anda. Biasanya dengan memasukkan email hal ini adalah teknik yang cukup tepat ntuk mencari konsumen yang tepat untuk dikonversi. Nah hal ini akan menyaring konsumen yang lebih niat untuk melirik produk kita. Karena jika konsumen bahkan bersedia mendownload ebook, maka dia sudah punya rasa tertarik terhadap produk kita.

  • Memanfaatkan Blog

Wadah terbaik yang bisa diisi konten marketing adalah blog. Hal ini dikarenakan blog mempunyai ketahanan konten yang cukup lama sekitar dua tahun. Bahkan blog yang Anda tulis untuk konten marketing bisa berjalan lebih lama lagi tergantung kualitas dan konsisten yang Anda miliki. Blog itu tidak terbatas, jadi anda bisa memberikan detail produk yang bagus.

Secara sederhana blog sangat spesifik dalam menjelaskan suatu barang. Sehingga ini sangat baik sebagai media pemasaran konten produk Anda. Memasarkan produk melalui blog akan memudahkan audiens mendapatkan maksud dari produk yang Anda tawarkan. 

  • Menggunakan Email

Dibagian atas email Anda biasanya terdapat fitur promosi yang isinya adalah iklan konten marketing berbagai produk. Nah, itu dia karena menggunakan email adalah cara yang cukup bagus dan banyak dicoba beberapa pebisnis. Hal ini karena konsep email yang lebih terkesan formal dan penting dibanding marketing melalui sosial media seperti facebook dan twitter.

Ketika ada email yang masuk mengatasnamakan suatu perusahaan. Customer akan lebih tertarik, karena sifat email biasanya lebih personal atau privat. Ada kesan serius tersendiri ketika mendapatkan email dari sumber tertentu. Dan hal ini ternyata sangat efektif untuk mengubah audiens menjadi seorang konsumen.  

Mereka mendapatkan email Anda ketika Anda mendaftarkan diri dalam sebuah aplikasi. Cara ini juga sering dibuat untuk mengirim notifikasi dari email sehingga banyak calon audiens yang tergiur. Biasanya audiens menyimpan email yang baik hingga memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut. Email merupakan jenis konten marketing yang mulai banyak menarik perhatian pemilik bisnis.

  • Melalui Video

Sangat epic ketika memanfaatkan blog untuk membuat konten marketing video sehingga kita mengiklankan produk melalui blog. Hal ini sering terjadi karena melalui video blog yang Anda bawa akan menjadi berkembang juga. Namun ini akan mempengaruhi kualitas loading blog Anda. Biasanya orang yang mengunjungi blog akan disajikan video-video pembahasan mengenai marketing kita. Dan ketika semakin lama audiens membuka video tersebut semakin meningkat trafik dari blog yang kita pakai.

Namun di era yang semakin canggih pemanfaatan video telah digunakan dalam platform youtube tengah berkembang pesat sekarang. Beberapa perusahaan mengiklankan produknya melalui youtube karena dinilai lebih relevan. Cara ini sebenarnya cukup efektif mengingat youtube sedang  menjadi platform yang banyak digunakan oleh pengguna internet dan sedang naik daun.  

  • Sosial Media

Sosial media adalah cara kekinian dalam menggaet konsumen dengan cepat. Hal ini disebabkan pertumbuhan pengguna sosial media yang meningkat setiap tahun. Dan ini sangat menguntungkan berbagai platform aplikasi tersebut. Beberapa sosial media yang populer diantaranya adalah instagram, facebook dan twitter. Terutama instagram yang punya pangsa pasar kaum kelas atas sehingga banyak yang mulai menginvestasikan iklannya melalui platform ini.

Menggunakan sosial media memang tak sembarangan karena ini sedikit unik dari teknik pemasaran yang lain. Konten marketing yang dibuat haruslah semenarik mungkin. Bahkan ada beberapa situs atau akun sosial media bisnis yang malah melebur menjadi akun yang bersifat influencer. Tanpa disadari hal ini sama sekali tidak terlihat jika mereka sedang menggaet pengunjung untuk dikonversi menjadi konsumen.

Salah satunya bisa kita lihat ketika sebuah konsultan yang menawarkan jasa konsultasi pendidikan. Sering kali malah tidak membuat promosi terang-terangan dengan menyebut nama jasa yang ditawarkan. Tapi mereka malah aktif di facebook atau instagram untuk memberi informasi seputar dunia pendidikan. Seperti informasi beasiswa yang tersedia, pengetahuan pendidikan suatu negara hingga masalah pendidikan. Hal ini merupakan cara kerja content marketing yang sangat unik dan banyak dilirik. Karena terkadang audiens merasa bosan jika konten kita hanya berisikan produk secara gamblang. Jaman sekarang audiens menyukai promosi yang sakaligus memberikan hiburan dan pengetahuan untuk mereka. Dan platform media sosial adalah yang paling relevan jaman sekarang.

Benefit utama untuk kita tentunya menjadi sarana marketing yang sangat ampuh. Karena audiens bisa langsung mengenal jasa atau produk kita. Cara lain yang ditempuh juga biasanya sebuah perusahaan mempromosikan secara terang-terangan. Biasanya berisikan iklan dan promosi yang akan menarik perhatian audiens.

Fungsi dan Tujuan Menggunakan Content Marketing

Tak cukup hanya mengetahui apa itu konten marketing tanpa tahu maksud mengapa kita harus memakai konten marketing dalam promosi produk. Tujuan konten marketing bisa didapatkan ketika telah menemukan karakteristik content marketing  yang baik sebagai alat pemasaran kita. Semakin baik suatu konten maka semakin besar pula keuntungan dan fungsi content marketing yang bisa dicapai. Diantara fungsi dan tujuan dari content marketing adalah :

Meningkatkan Brand Awareness

Banyak buku content marketing yang menjelaskan apa itu content marketing dan tujuan yang bisa tercapai saat kita menerapkan konten marketing. Diantaranya adalah kesadaran brand atau brand awareness. Hal ini merupakan sebuah strategi agar produk atau brand yang sedang kita jual dikenal orang banyak. Saat suatu merk brand tidak asing lagi ditelinga saat itu lah orang mulai tertarik membeli produk yang telah familiar buat mereka ketimbang yang baru pertama kali didengar.

Pengaruh besar dari brand awareness adalah tingkat kepercayaan pelanggan. Semakin familiar sebuah brand dalam pikiran atau di dengar oleh pengguna maka semakin besar juga tingkat kepercayaan yang diberikan seseorang calon konsumen kepada brand tersebut. Hal inilah yang akan memungkinkan mareka yang lebih percaya produk Anda memilih menggunakannya ketimbang produk lain.

Budget Lebih Minimum Ketimbang Cara Konvensional

Memanfaatkan berbagai platform digital adalah cara yang tepat untuk mengenalkan apa itu content marketing kepada pengguna internet. Ketika suatu pemilik bisnis sudah tahu apa itu content marketing dan pemasarannya melalui internet marketing mereka tak akan menyia-nyiakan kesempatan dengan mengabaikannya. Peluang membuat content marketing melalui media digital sangatlah besar terlebih lagi budget yang dikeluarkan sangat sedikit. Ini lebih menguntungkan pelaku usaha.

Membuat usaha melaui konten marketing akan meminimalisir pengeluaran jika dibandingkan dengan cara konvensional. Hal ini dikarenakan melalui internet Anda sudah bisa menjangkau siapa saja target pasar Anda. Dan itu cukup dengan konten yang bagus semua orang akan semakin tertarik ingin berbelanja kepada Anda. Setengah harga bisa dipangkas ketimbang cara tradisional dan tak perlu sales atau pegawai untuk memasarkannya cukup dengan modal laptop dan ponsel pintar.

Jika Anda jeli, memasarkan produk melalui konten marketing juga  bisa tanpa biaya. Mengingat cara seperti dengan status sosial media, membuat akun sendiri lebih sederhana dan tanpa biaya.

Meningkatkan Traffik Penjualan

Adanya content marketing akan sangat memudahkan Anda untuk mencari pelanggan. Asal strategi yang digunakan tepat dan sesuai dengan keinginan konsumen. Sebanyak 68 % pelanggan lebih menyukai teknik marketing berbasis konten ketimbang yang lainnya. Hal ini karena dengan konten informasi akan lebih luas didapatkan. Menggaet pelanggan dengan konten juga dinilai lebih kreatif dibanding cara lainnya.

Agar mengetahui ketika sebuah konten telah dikemas dengan sebaik mungkin, orang-orang yang tertarik akan mulai mencari tahu produk Anda lebih dalam. Terutama informasi mengenai perusahaan ataupun produk yang dijual. Hal ini menuntut Anda memberikan layanan prima agar mereka mulai berpikiran untuk berpindah menjadi konsumen produk Anda.

Anda Menjadi Thought-Leader Produk Sendiri

Hal ini sering dilihat sebagai cara memulai konten marketing yang bersifat gratis. Yaitu menjual melalui akun sendiri atau blog sendiri maupun platform sendiri. Jika cara ini yang Anda pilih untuk memasarkan produk pastikan image yang Anda buat pada akun benar-benar bisa dipercayaai orang.

Mulai dari bagaimana akun yang Anda miliki dapat dilirik orang. Hindari memasang foto diluar informasi konten atau memakai fake account yang terkesan penipuan. Untuk itu pastikan punya personal branding untuk akun Anda. Seperti mengisi konten dengan foto profil diri Anda yang terlihat professional akan lebih dipercayai. Ketimbang memposting status yang berisi konten marketing tapi foto profil akun merupakan foto google atau orang lain.

Buatlah image sebaik mungkin pada akun yang digunakan untuk memasarkan produk. Image yang lebih professional akan lebih dipercayai karena akan menampilkan sikap tegas dan disiplin dalam memasarkan barang. Personal branding adalah hal utama yang harus dimiliki seorang marketing.

Meningkatkan Engagement Orang dengan Produk Anda

Melakukan teknik content marketing tak semudah dengan hanya mengerti apa itu content marketing. Tapi membiarkan orang tahu tentang produk Anda dengan layanan yang prima termasuk salah satu tujuan. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam content marketing terlebih ketika pelanggan tertarik pada produk Anda. Melayani pelanggan dengan jawaban yang baik dan sopan sangat penting sebagai bentuk perhatian Anda kepada mereka.

Selain itu Anda juga bisa membangun hubungan dengan perusahaan lain dalam mengembangkan produk. Karena kolaborasi juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Banyak produk yang sudah melakukan mitra dengan suatu perusahaan tertentu untuk menciptakan produk baru. Dan hasilnya adalah antusias dari para audiens yang akhirnya akan mengubah audiens menjadi seorang konsumen produk kolaborasi tersebut. Misalkan ketika Anda memiliki produk yang dijual alangkah baiknya bekerja sama dengan platform online shop besar yang sedang terkenal.

Empat Tahap yang Dibangun Content Marketing

Dalam menggaet audiens menjadi seorang pembeli tidak akan berjalan secara langsung apalagi hanya dengan mengerti apa itu content marketing. Dimana hal ini butuh proses umum yang harus dilalui seseorang ketika sudah tertarik dengan produk Anda. Ada empat tahap yang akan dilakukan orang sebelum membeli sebuah produk dan ini sangat membutuhkan konten marketing diantaranya adalah :

  • Awareness

Merupakan bentuk kesadaran yang biasanya akan diciptakan melalui content marketing terhadap suatu produk yang akan dijual.

  • Riset

Setelah audiens sadar dengan produk yang kita tawarkan mereka akan penasaran sendiri hingga memutuskan untuk melakukan riset.

  • Consideration

Proses mempertimbangkan apakah audiens akan membeli atau tidak setelah meriset produk Anda. Kemudian mereka melakukan perbandingan untuk menimbang lebih dalam.

  • Membeli

Ketika pertimbangan menghasilkan hasil yang positif, maka mereka akan tertarik untuk membeli dan produk Anda sudah berhasil terjual.

Hal diatas adalah sederet informasi mengenai apa itu content marketing. Sebenarnya tak cukup hanya memahami apa itu content marketing dari internet. Anda diharuskan untuk praktek langsung sambil memahami agar dampak yang dirasaka benar-benar terasa. Nah itulah ulasan yang QQSEO rangkum semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman bisnis yang Anda miliki.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *