Cornerstone Content

Apa itu Cornerstone Content? | QQSeo

Cornerstone Content

Pernahkah Anda mendengar apa itu cornerstone content? Istilah ini pasti terdengar akrab bagi mereka yang sering berurusan dengan website serta plugin yoast SEO. Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu cornerstone content dan bagaimana pengaruhnya terhadap website, simak ulasan berikut, ya!

Apa itu Konten Pilar/Cornerstone Content?

Cornerstone content merupakan konten pilar atau konten landasan yang menjadi inti dari sebuah website maupun blog yang di kelola. Cornerstone content terdiri dari artikel-artikel terbaik yang ingin ditonjolkan. Bertujuan mendapatkan ranking/peringkat tertinggi pada mesin pencarian google.

Bisa juga dikatakan sebagai halaman promosi yang nantinya akan dijadikan prioritas pencarian google. Mendominasi dari keseluruhan artikel yang terdapat dalam situs web maupun blog. Jadi, cornerstone content ini bukan hanya artikel biasa yang ditulis seperti pada umumnya. Terdapat sisi istimewa dari tulisan ini yang menjadikannya berharga.

Artikel landasan ini merupakan strategi jitu yang berpengaruh terhadap optimalisasi SEO pada website maupun blog yang Anda kelola. Sistem kerjanya sederhana, ia akan memberi tahu kepada google bahwa artikel ini adalah konten utama diantara banyaknya konten pada website tersebut.

Misalkan website Anda memiliki niche bisnis digital, tentunya artikel yang ditulis akan berbicara mengenai bisnis digital, bukan? Nah dari beberapa artikel ini wajib membuat cornerstone content dengan volume tertinggi. Secara garis besar, artikel cornerstone content ini sama saja dengan artikel yang biasanya. 

Namun, ada beberapa ciri yang membedakan artikel ini sehingga bisa dikatakan sebagi konten landasan atau cornerstone content.

Ciri Cornerstone Content

  • Konten utama laman website
  • Ditulis mendalam dan terstruktur
  • Ditulis minimal 2000 kata
  • Berisi manfaat serta rangkuman keseluruhan isi website
  • Ditulis berdasarkan riset atau hasil penelitian dan dilengkapi data-data yang valid
  • Bentuknya informatif serta menggabungkan wawasan dari banyak sumber atau blog

Fokus utama dari artikel cornerstone content ini adalah memberikan informasi akurat serta terlengkap kepada pembaca. Sehingga tak jarang penulis melakukan riset terlebih dahulu sebelum menyusun konten ini. Selain bersifat informatif serta komunikatif, cornerstone content haruslah membahas topik akurat yang mencerminkan keseluruhan isi dari website.

Apa Fungsi Artikel Pilar Bagi Website?

Mungkin Anda masih bingung, apa itu cornerstone content dan apa pentingnya bagi sebuah website? Tak hanya untuk menaikkan rating ataupun peringkat, ternyata ada fungsi lain yang tak kalah penting dari cornerstone content ini. 

Tujuan utama dari adanya cornerstone content ini adalah menjadikan website bersaing dan mendapatkan rangking pencarian tertinggi oleh google. Untuk menjadikan website Anda berada pada peringkat teratas, tentunya ada tahapan seleksi yang harus dilalui terlebih dahulu, pihak google juga telah menyiapkan beberapa indikator penilaiannya sendiri.

Mengingat, terdapat begitu banyak website kompetitor yang membahas isu pokok serta niche serupa dengan website milik Anda. Tentunya persaingan semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan inilah artikel cornerstone content perlu di bangun.

Bagaimana caranya untuk meyakinkan google bahwa tulisan kita layak berada di peringkat tertinggi? Tentu saja tulisan tersebut harus memenuhi semua kriteria penilaian yang dimiliki oleh google. Serta dilengkapi dengan strategi penulisan yang baik. Mulai dari topik konten unik dan variatif bermanfaat sampai dengan permainan kata kunci yang apik.

Jika Anda masih bingung bagaimana teknik menyusun cornerstone content yang baik dan mampu bersaing, terus simak ulasan ini, ya!

Strategi Membangun Cornerstone Content

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, artikel pilar ini bukan seperti artikel yang ditulis biasanya. Diperlukan strategi membangun cornerstone content yang baik agar tulisan ini bisa bersaing secara kompetitif bersama website kompetitor lainnya. 

  • Permainan Kata Kunci

Jika Anda bertanya, faktor apa yang menjadikan website berada pada halaman teratas pencarian google, maka jawabannya adalah kata kunci atau keyword tulisan. Dalam menulis artikel pilar, pastikan Anda melakukan riset keyword terlebih dahulu secara matang.

Optimalkan penggunaan keyword yang relevan pada saat Anda akan menulis artikel pilar ini. Sehingga peluang untuk menjadikan website Anda berada pada halaman teratas menjadi lebih besar.

  • Aksebilitas 

Karena tujuan dari artikel pilar ini adalah memuncaki pencarian google, dan berisi informasi yang penting. Maka syarat utamanya haruslah mudah untuk di akses langsung oleh pengunjung. Pastikan Anda menempatkan link situs dengan baik dan benar pada halaman terdepan sehingga peluang pembaca untuk mengunjungi link tersebut terbuka semakin lebar.

  • Pokok Bahasan Berkualitas

Salah stau indikator penilaian yang dilakukan oleh pihak google adalah kualitas dari konten yang  ditulis. Artikel landasan haruslah ditulis secara lengkap, memuat informasi akurat, edukatif serta komprehensif, sehingga meningkatkan kredebilitas pengunjung terhadap website.

  • Pembaruan Secara Berkala

Karena arus informasi yang terus bergerak dengan cepat, tak mustahil informasi yang Anda tulis sebelumnya menjadi tidak update. Terlebih apabila informasi tersebut berkaitan dengan data. Untuk itu, artikel yang menjadi cornerstone content ini haruslah selalu dirawat serta dilakukan pembaruan secara berkala.

Tujuannya untuk apa? Tentu saja agar informasi yang dimuat tetap update mengikuti arus perubahan informasi yang berlaku.

5 Langkah Menyusun Cornerstone Content

Jika sudah memahami apa itu cornerstone content dan bagaimana strategi dalam menyusunnya, maka saatnya kita melakukan aksi, yakni menciptakan artikel pilar yang mampu bersaing secara kompetitif.

  • Riset Kata Kunci

Sebelum memulai untuk menulis, tentukan terlebih dahulu keyword apa yang ingin Anda jadikan rangking. Carilah keyword yang paling kompetitif sehingga mampu bersaing bersama kompetitor lainnya. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu.

  • Susun Kerangka Topik

Rancang kerangka artikel pilar Anda dengan optimal. Mulai dari topik awal, penempatan pokok gagasan, opini serta informasi yang akan dituangkan dalam artikel pilar nantinya. Dalam menyusun kerangka topik ini, Anda dapat menggunakan rumusan 5W + 1H yang berisikan beberapa pertanyaan dasar. 

  • Menulis

Kembangkan kerangka topik yang telah disusun tadi menjadi sebuah tulisan SEO-friendly yang luar biasa, serta dapat menambah wawasan bagi pembacanya. Anda juga bisa menambahkan data-data akurat sebagai pendukung ide pokok tulisan, ilustrasi serta infografik yang sesuai dengan topik.

  • Atur Waktu Posting

Jika cornerstone content merupakan inti dari sebuah pembahasan, tentunya dibutuhkan topik pendukung yang akan menyinggung pembahasan ini tadi. Disinilah strategi posting di perlukan, posting beberapa tulisan Anda yang pembahasannya mirip dengan artikel landasan tadi. 

  • Hubungkan dengan Struktur Link

Langkah terakhir dalam membangun cornerstone content adalah memberi tahu google bahwa konten yang Anda tulis adalah inti dari website dan landasan yang ingin di tonjolkan. Hubungkan semua artikel pendukung ke artikel pilar Anda dengan menautkan link pada masing-masing halaman.

Dengan begini, google akan mengetahui bahwa artikel pendukung tersebut bukanlah kompetitor, melainkan tulisan yang saling mendukung dan berkesinambungan.

Sekian pembahasan mengenai apa itu cornerstone content beserta strategi dalam penulisannya. Semoga ulasan ini membantu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *