3 Alat SEO Untuk Memeriksa Duplikat Konten Paling Akurat

Alat SEO Untuk Memeriksa Duplikat Konten

Salah satu strategi untuk membangun sebuah website berkualitas yaitu dengan membuat konten yang unik dan original. Konten yang 100% asli buatan sendiri akan lebih mudah mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencarian Google. Untuk memastikan bahwa konten yang Anda buat 100% tidak plagiat, maka gunakan alat SEO untuk memeriksa duplikat konten.

Terkadang tanpa disadari, saat menulis konten ada kalimat yang sama dengan sumber referensi. Sangat beresiko jika tidak memeriksa keaslian dari konten yang Anda buat. Resikonya mulai tidak terindeksi mesin pencari Google hingga website tidak tampil di laman hasil pencarian. Anda tentunya tidak ingin jika artikel yang susah-susah telah dibuat tetapi terdeteksi duplikat. Oleh karena itu perlu untuk menggunakan alat SEO untuk memeriksa duplikat konten.

Keuntungan membuat konten yang 100% asli dan tidak terdeteksi duplikat salah satunya yaitu website Anda memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Tidak perlu bingung bagaimana caranya supaya konten yang Anda buat benar-benar asli dan dan tidak plagiat. 

Alat SEO Untuk Cek Duplikat Konten

Dalam dunia karya jenis apapaun apalagi tulisan memang rentan sekali terkena plagiat. Hal ini sudah sangat biasa dijumpai, namun jika dibiarkan akan memberikan kurangnya kualitas konten apalagi dalam dunia SEO. Menghindari duplikat konten yang bisa menghilangkan situs kita dari mesin pencari memang sulit. Terkadang para penulis konten tidak sengaja bahwa konten yang ditulis memiliki persamaan dengan konten yang lain.

Nah jangan sampai konten yang Anda buat ternyata ada bagian yang sama dengan konten milik orang lain. Hal itu bisa menyebabkan kerugian bagi Anda sendiri. Reputasi website Anda akan menurun di kalangan pengguna internet. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menggunakan beberapa alat untuk memeriksa plagiarisme atau duplikasi konten berikut ini. Ada beberapa alat SEO untuk memeriksa duplikat konten secara akurat. Anda bisa menggunakan alat SEO pemeriksa duplikat konten gratis maupun berbayar. 

Sebenarnya dalam dunia SEO ada dua jenis duplikat yang sudah dikenal.

Jenis konten duplikat internal dan duplikat eksternal. Lalu apa perbedaannya?

Konten Duplikat Internal adalah saat suatu domain atau situs membuat konten yang sama di beberapa URL internal (dalam situs web yang sama). Jadi pada internal ini sesuai namanya, duplikat atau bagian yang sama terjadi didalam satu konten atau website. Pada jenis ini sebenarnya tidak terlalu dimasalahkan. Namun jika terdeteksi banyak akan berpengaruh terhadap kualitas konten.

Konten Duplikat Eksternal atau sering dikenal sebagai duplikat lintas pemain. Terjadi saat dua atau lebih domain (website) berbeda memiliki salinan yang sama percis dalam indeks mesin pencari. Hal ini adalah konten duplikat yang paling serius karena sampai bisa disebut sebagai plagiat.

Nah, lalu untuk mendeteksi duplikat konten, alat apa saja yang akurat untuk digunakan?

1. Copyscape

Copyscape merupakan salah satu alat SEO untuk memeriksa duplikat konten yang terbaik. Banyak para profesional yang menggunakan alat SEO terbaik ini. Keakuratannya dalam memeriksa plagiarisme tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menggunakannya untuk memeriksa keaslian konten website.

Kualitasnya sebanding dengan layanannya yang berbayar. Biaya cek duplikat konten dihitung dari banyaknya jumlah kata. Biayanya tidak terlalu mahal, untuk mengecek 1000 kata tidak sampai setengah dolar Amerika Serikat. Anda bisa mengecek tulisan yang ada di website dengan memasukkan url website atau dengan mengunggah file dokumen. Sangat akurat menggunakan alat SEO ini.

2. Searchenginereports.net

Alat cek duplikat konten yang direkomendasikan  yaitu searchenginereport.net. Anda bisa memeriksa artikel hingga 2000 kata. Meskipun gratis tetapi hasil periksa di sini sangat akurat. Untuk menggunakannya Anda tidak perlu mendaftar. Cukup kunjungi alamat tersebut kemudian gunakan fitur yang disediakan, seperti mengunggah dokumen atau file yang akan diperiksa.

Selain mengunggah dokumen, Anda juga bisa memeriksa website Anda apakah ada tulisan yang duplikat atau tidak. Jika terdapat konten yang terbukti duplikat, akan ditampilkan bagian yang yang harus dibenahi. Ini memudahkan Anda agar segera langsung memperbaikinya. Cara menggunakan alat SEO ini relatif mudah dan tidak membuat bingung bagi yang pertama kali memakainya.

3. Siteliner

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu memeriksa konten satu per satu sebaiknya gunakan Siteliner. Alat untuk periksa duplikat konten ini bisa memeriksa seluruh konten website sekaligus. Keunggulan lainnya yaitu bisa mengetahui halaman pada web yang paling banyak mendapat perhatian di mesin pencari. Selain itu juga bisa mengecek tautan atau link yang rusak.

Caranya mudah untuk memeriksa duplikat konten website milik Anda. Masuk ke situs periksa duplikat ini, kemudian ketikkan nama domain, lalu tunggu hasilnya. Hasil pemeriksaannya sangat akurat dan tepat dan sangat mudah dipraktekkan oleh siapapun.

Demikian ulasan mengenai alat SEO untuk memeriksa duplikat konten. Anda bisa memilih salah satu dari yang disebutkan di atas. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing dan hasilnya sangat akurat untuk periksa plagiat atau duplikat konten. Semoga ulasan diatas bisa membantu anda dalam bekerja dan tidak dipergunakan untuk hal negatif. Jangan lupa untuk melihat ulasan seputar dunia website dan SEO di menu blog kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *