Apa Itu Internet Marketing? Pengertian & Penjelasan

Internet Marketing

Semakin berkembang dunia maka semakin besar peluang untuk memudahkan umat manusia. Salah satunya dengan menggunakan teknologi canggih pada jaman sekarang. Hal ini tak termasuk dalam pemasaran yang punya seribu cara untuk menggaet pelanggan. Banyak media yang digunakan semata-mata untuk menarik hati pelanggan berbelanja produk yang Anda tawarkan. Sebut saja dengan melalui media televisi, melalui radio, selebaran poster, brosur,  hingga menggunakan yang disebut apa itu internet marketing.

Menawarkan barang bukanlah sesuatu yang mudah, harus ada ilmu terlebih dahulu agar pelanggan tertarik dengan barang yang Anda pasarkan. Terlebih saat menggunakan media koneksi dengan jaringan internet. Karena ada banyak hal yang harus diperhatikan dari barang jualan Anda. Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana menjalankan teknik marketing yang sebenarnya. Pastikan memahami masalah ini bukan hal yang mudah ketika Anda membaca artikel internet marketing seperti sekarang. Berikut ulasan seputar internet marketing :

Mengenal Pengertian dari Internet Marketing

Jika Anda ingin mengetahui apa itu internet marketing, pengertiannya tidaklah terikat, oleh karena itu banyak pendapat ahli yang berbeda. Namun jika disimpulkan internet marketing adalah sebuah strategi pemasaran barang melalui media internet bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan.

Cara internet marketing sangat marak dilakukan dimasa revolusi industry 4.0 ini. Dimana semua aktifitas yang menggunakan layanan internet dan ponsel pintar memaksa pemilik bisnis harus kreatif dalam pemasaran brandnya. Untuk itu banyak yang sudah beralih teknik pemasaran mereka dari tradisional melalui cara-cara konvensional hingga pemasaran yang lebih modern. Baik melalui platform online ataupun media sosial yang banyak digandrungi generasi milenial.

Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

Perlu Anda ketahui ada banyak pendapat mengenai apa itu internet marketing. Salah satunya adalah dari beberapa ahli yang sudah berpengalaman diantaranya adalah :

  • Kotler dan Amstrong

Pengertian kali ini berasal dari dua orang ahli yang sudah sangat terkenal. Dimana Kotlet dan Amstrong sempat berkesimpulan tentang apa itu internet marketing. Menurut mereka internet marketing adalah sebuah usaha yang berasal dari perusahaan ataupun organisasi untuk memasarkan produk  dan jasa.  Yang isinta meliputi bagaimana membangun hubungan melalui internet dengan pelanggan.

Dari pengertian yang diungkapkan Kotler dan Amstrong tersebut berarti internet marketing adalah media yang digunakan sebuah perusahaan ataupun pembisnis dalam menjalankan promosi produknya. Dan media yang digunakan adalah internet. Memasarkan jasa seperti jasa membuat desain, jasa menulis blog dan lain sebagainya juga termasuk bentuk pemasaran yang baik. Dan melalui internet lah hubungan atau interaksi penjual dan pembeli menjadi tujuan utama.

Pemasaran internet lebih kepada bagaimana internet berperan aktif dalam memasarkan produk yang dijual.

  • Chaffey

Chaffey adalah salah satu ahli yang merumuskan digital marketing, Ia mendefinisikan apa itu internet marketing . yaitu bentuk aplikasi internet dan teknologi digital untuk  mencapai goals marketing.  Chaffey menjelaskan jika dalam internet marketing dibutuhkan alat-alat vital sebagai teknologi yang mana diantaranya adalah satelit, perangkat keras ataupun perangkat lunak dan juga media internet beserta kabel-kabel yang ada mendukung koneksi.

Media yang digunakan untuk memasarkan suatu produk sebenarnya sangat beragam. Ketersediaan media ini sangat vital dimasa sekarang dengan berbagai fitur yang mendukung. Memanfaatkan internet marketing melalui media yang kompeten seperti email, TV interaktif , iwebsite adalah salah satu saluran media yang bisa menyedot perhatian pengguna sehingga hal ini berpengaruh bagi sebuah pemasaran.

  • Traver dan Laudon

Melalui bukunya kedua ahli ini merumuskan apa itu internet marketing. Traver dan laudon mengungkapkan jika internet marketing adalah sebuah bentuk teknik pemasaran melalui web. Hal ini demi menciptakan sebuah kompetisi pemasaran yang unggul. Harapan yang diinginkan melalui berbagai teknik pemasaran baik modern atau tradisinonal adalah untuk bersaing dengan kompetitor pemasaran yang ada agar tak kalah saing.

Tentunya saat bersaing, sebuah barang akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan bisa lebih murah ataupun lebih mahal. Namun dengan teknik marketing yang tepat harga yang dipasarkan bisa lebih tinggi. Hal ini yang justru bisa mendobrak pemasaran saat sebuah brand sudah terkenal dan memiliki kualitas yang bagus. Harga yang tinggi pun tidak menjadi masalah berarti untuk dibeli pelanggan.

  • Chen-Ling dan Lie

Kedua ahli yang mahir dalam bidang marketing ini merumuskan internet marketing melalui bahasa e-marketing atau elektronik marketing. Mereka merumuskan apa itu internet marketing melalui sebuah jurnal yang bernama America Academy of Bussiness. Dari pengertian yang didapat bahwa internet marketing adalah sebuah proses untuk memasarkan atau menjual barang melalui sebuah web. 

Proses pemasaran barang melalui internet dinilai lebih bersahabat dan lebih efesien. Dimana pemilik jasa hanya menyediakan barang dan memasarkannya di internet tanpa repot menarik pelanggan secara tradisional. Contohnya dengan dengan cara seperti menyewa sales, merekrut banyak karyawan toko atau mendekorasi toko untuk diminati oleh pelanggan. Karena cara yang dilakukan hanya menjual dan membuat produk kita semenarik mungkin dimata pelanggan melalui media internet. Hanya dengan melakukan personal branding pada akun media sosial Anda.

  • Coupey

Pengertian internet marketing menurut para ahli selanjutnya berasal dari Coupey. Disini ia lebih menekankan bagaimana pemasaran internet melibatkan komunikasi yang baik dan kerjasama yang saling menguntungkan antar pihak. Coupey menjelaskan apa itu internet marketing, dimana merupakan sebuah media yang mampu menyediakan komunikasi antara pengguna internet ( pembeli), penjual dan berbagai organisasi lain. 

Target pasar yang lebih mudah dijangkau menjadi factor penting mengapa internet marketing lebih diminati oleh berbagai perusahaan. Selain itu melalui media internet marketing akan membantu penyesesuai cara komunikasi baru antar pengguna internet baik pelanggan maupun penjual. Inilah yang sedang terjadi sekarang dimana komunikasi cukup melalui perangkat ponsel pintar atau PC yang lebih mudah dan menghemat waktu.

Ciri-ciri Internet Marketing

Dalam makalah internet marketing sudah banyak disebutkan mengenai unsur apa saja yang dibutuhkan. Sehingga suatu proses pemasaran disebut pemasaran melalui internet atau internet marketing. Untuk itu setelah Anda mengetahui apa itu internet marketing, langkah selanjutnya memahami unsur yang menjadi dasar internet marketing. Berikut ciri-ciri atau konsep yang dipakai dari sebuah pemasaran melalui internet, diantaranya adalah :

  • Jangkauan Promosi Lebih Luas

Ini menyangkut bagaimana kelebihan yang ada pada internet marketing. Dimana pangsa pasar yang dicapai sangat luas. Karena internet telah menjangkau berbagai kalangan diseluruh dunia sehingga produk kita juga bisa mencapai seluruh dunia.

Contohnya saja sosial media seperti facebook atau instagram yang sering digunakan sebagai platform pemasaran yang mempunyai target pasar luas. Karena penggunanya berasal dari seluruh penjuru dunia. Hal ini memungkinkan seluruh orang dari berbagai tempat yang mempunyai akun facebook atau instagram menjangkau produk yang Anda jual.

Hal lain bisa kita lihat dari platform online seperti Alibaba  yang mempunyai pelanggan dari berbagai penjuru dunia. Hal ini berbanding terbalik jika Alibaba hanya menjual produknya secara konvensional. Namun karena sekarang pemasarannya melalui online banyak yang membeli produk Alibaba. Tentunya tidak hanya berhubungan dengan pelanggan dari Cina saja, customer dari Indonesia dan negara lainnya juga bisa mengakses Alibaba meski pusat pabriknya ada di Cina.

  • Jenis Media Promosi Beragam

Mungkin seperti ulasan di atas yang mengkaji ruang promosi yang luas hal tersebut karena dipengaruhi jenis media promosi yang beragam. Karena banyak pengguna yang memakai produk internet dengan berbagai jenis untuk memasarkan brandnya. Sebut saja platform-platform terkenal seperti google dengan blognya, Youtube, Facebook, Instagram, twitter hingga dari status sosial media saja Anda sudah bisa mempromosikan barang dagangan.

Jika jeli melihat situasi Anda juga bisa membangun aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, Go-Jek, dan lain sebagainya. Yang kini telah dikenal masyarakat Indonesia sebagai layanan berbelanja online atau penyedia jasa online melalui internet marketing. Cara seperti ini cenderung berhasil karena inovasi kemudahan yang ditawarkan dan berbagai pilihan yang disediakan untuk calon pelanggan platform tersebut.

  • Komunikasi Sangat Mudah dan Prima

Tak seperti toko konvensional yang memiliki batas waktu dalam komunikasi antara pembeli dan penjual. Melalui internet marketing yang menawarkan kemudahan akses serta komunikasi. Disini banyak toko online yang menyediakan layanan komunikasi secara online 24 jam. Tentunya pembeli tak perlu kebingungan lagi saat ingin membeli suatu produk cukup hubungi layanan tersebut akan membantu Anda kapanpun dan dimanapun.

Kemudahan lain tak hanya terkait keluhan yang bisa disampaikan dengan cepat. Namun diskusi produk bisa dilakukan penjual dan pembeli mengenai apa saja yang diinginkan pelanggan dan bagaimana penjual menyediakan hal tersebut. Ini adalah bagian dari tugas internet marketing untuk memudahkan penjual dan pembeli dalam menjalin komunikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Setelah Anda memahami dengan benar mengenai apa itu internet marketing. Beserta dengan ciri-cirinya hal selanjutnya adalah paham kelebihan dan kekurangan internet marketing. Penting bagi Anda menguasai hal tersebut sebelum terjun langsung dalam dunia internet marketing. Dimulai dari kekurangan yang bisa saja terjadi saat menggunakan internet marketing diantaranya adalah :

Kekurangan Internet Marketing

  • Tidak Mengetahui Barang Secara Detail

Berbelanja barang melalui internet memiliki kekurangan terutama saat pelanggan ingin mengetahui bagaimana barang secara detail. Saat berbelanja pelanggan hanya disajikan spesifikasi barang secara umum. Walaupun dibuat secara detail deskripsi barang tersebut, sayangnya pembeli tidak bisa melihat secara langsung dan memperhatikan bagaiman kondisi barang. 

Biasanya saat membeli sebuah produk di toko konvensional kita memiliki kebebasan melihat produk. Produk tersebut dapat diraba untuk melihat kekurangan entah itu permukaan pada barang ataupun kelengkapan material barang. Namun karena berjalan secara online jarak penjual dan pembeli yang jauh tidak memungkinkan hal ini terjadi.

Untuk itu beberapa kasus menemukan barang yang dijual dan dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli. Bahkan beberapa malah diluar ekspektasi si pembeli. Mungkin ini pernah Anda alami sendiri.

  • Transaksi Tidak Bisa Berlangsung Tanpa Koneksi 

Jika toko konvensional memungkinkan interaksi secara nyata. Hal ini tidak berlaku bagi toko online penyedia barang harus interaksi secara virtual dengan bantuan koneksi internet. Dengan ini tentu melibatkan pihak ketiga. Namun permasalahan akan terjadi jika pihak ketiga atau koneksi internet bermasalah. Maka interaksi tidak bisa dilakukan sampai koneksi internet kembali membaik.

Penting untuk para pembeli dan penjual memperhatikan koneksi internet mereka sebelum melakukan transaksi online.

  • Mode Transaksi Sulit

Hal ini sering terjadi saat Anda mencoba membuat transaksi secara online melalui platform internasional. Seringkali pasar internasional menyediakan sedikit opsi pembayaran yang bisa bersahabat dengan pembeli. Hal ini tak jarang membuat proses transaksi berhenti ditengah jalan. Beberapa platform menuntut pembeli membayar melalui e-money dengan pay pal ataupun master card ini sangat sulit diakses beberapa orang sehingga mengurungkan niat untuk membeli.

  • Tergantung Selera Konsumen

Berbelanja online tidak semuanya disukai oleh masyarakat. Banyak yang lebih memilih berbelanja secara tradisional. Hal ini dilatar belakangi faktor seperti biaya ongkos kirim yang mahal, atau meminimalisir kejahatan online.Kejahatan yang sering dijumpai seperti penipuan dan barang yang tak sesuai ekspektasi pembeli.

Karena banyak pembeli yang lebih memilih berbelanja di market konvensional seperti mall, atau toko tertentu karena berbagai alasan.

 

Setelah mengetahui apa saja kekurangan dari berbagai transaksi internet marketing. Maka kita akan membahas kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika berbelanja secara online melalui koneksi internet, diantaranya adalah :

Kelebihan Internet Marketing

  • Jangkauan Pelanggan Luas

Seperti ulasan sebelumnya, menggunakan internet marketing adalah berkah bagi beberapa bisnis karena konsumen yang bisa dijangkau lebih luas. Akses yang didapatkan dari internet telah tersebar diberbagai negara dan bahkan pelosok negeri. Hal tersebut memungkinkan siapa saja bisa mengakses produk yang Anda jual.

  • Hemat Waktu

Untuk Anda yang memiliki masalah waktu seperti pekerjaan kantor yang menyebabkan diri menjadi sibuk. Hal ini haruslah diperhatikan, karena seringkali orang-orang yang sibuk tidak sempat meluangkan waktu untuk berbelanja. Menggunakan platform online adalah salah satu solusinya. Anda tidak perlu keluar rumah atau keluar kantor lagi karena cukup dengan ponsel pintar Anda bisa memesan apapun kebutuhan. 

Biasanya hanya menunggu kurir mengantar ke alamat Anda, dan barang pun sudah bisa dipakai ataupun dinikmati.

  • Membuka Toko Online Minim Budget

Bagi Anda yang ingin melakukan usaha, lebih baik membuka secara online karena lebih menekan biaya ketimbang membuka toko konvensional. Biasanya toko konvensional memerlukan toko untuk itu Anda harus membeli toko atau menyewanya, kemudian ada karyawan yang harus direkrut. Beralih ke toko online Anda tak perlu lagi melakukan hal tersebut.

Cukup menyediakan barang saja, dan membuat teknik marketing yang bagus melalui media online. Anda sudah bisa berjualan dalam dunia online.

  • Dimanapun dan Kapanpun

Bisa menjadi slogan toko online dalam berjualan yaitu dimanapun dan kapanpun bisa melayani pelanggan dengan baik. Pelanggan pun bisa berbelanja dimanapun dan kapanpun. Hal ini karena interaksi penjual dan pembeli tidak membutuhkan tempat dan waktu khusus. Sehingga 24 jam bisa saling berkomunikasi tanpa terhalang jarak yang sering menghambat.

Melakukan transaksi online memang sangat menguntungkan disatu sisi. Walaupun begitu tetap ada beberapa kekurangannya ini yang harus diperhatikan sebelum membeli dan menjual barang online.

Dalam internet marketing, tidak cukup hanya belajar internet marketing terlebih hanya mengetahui materi internet marketing ppt atau dari internet. Anda perlu mencoba langsung dengan terjun dalam dunia marketing menggunakan platform online.

Aspek terpenting yang harus dipegang antara penjual dan pembeli adalah kepercayaan. Tentunya tidak mudah membangunnya perlu sebuah komunikasi yasng baik dan kejelasan informasi dari kedua belah pihak. Untuk calon konsumen telitilah saat membeli suatu barang. Perhatikan siapa yang menjual dan bagaimana profil serta rekam jejak bisnis tersebut agar Anda tidak terjerat kejahatan online yang marak terjadi.

Hal di atas adalah penjelasan seputar internet marketing. Mulai dari apa itu internet marketing, manfaat, ciri-ciri internet marketing hingga kelebihan dan kekurangannya. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda baik sebagai konsumen maupun pebisnis online. Agar lebih bisa memahami internet marketing dengan lebih sehat dan berhati-hati.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *