Apa Itu Web Developer, Web Designer dan Web Master

Web Developer

Dengan berkembangnya teknologi jaman sekarang, sepertinya kehidupan manusia tidak bisa lepas dari internet. Dalam situasi yang seperti inipun hanya internet yang bisa menjadi teman sehari-hari. Dengan begitu banyak sekali para pebisnis atau pengusaha yang memanfaatkan hal ini.

Jika Anda mendengar kata internet apa yang akan terlintas dalam benak Anda? Web?

Web bisa disebut platform atau wadah yang berisikan informasi. Tentunya dengan ada web semua orang bisa mengimbangi dunia yang kian canggih ini. Lalu tahukah Anda apa itu web developer? Web Designer serta Web Master?

Ketiga istilah ini memang akrab dengan dunia coding dan berhubungan satu sama lain. Tetapi ketiganya bukanlah suatu profesi yang bisa disamakan. Sebenarnya, apa itu web developer dan apa perbedaan di antara ketiga istilah ini? Cari tahu yuk!

Pengertian Web Developer

Apa itu web developer? Web developer adalah seorang programmer yang bekerja sebagai pengembang web. Tugas dari seorang web developer ini sangatlah luas. Mulai dari merancang dasar website, memulai coding, membangun kode custom sesuai kebutuhan pelanggan, sampai mengatur layout serta navigasi halaman website.

Singkatnya, web developer bisa dikatakan sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh atas pembuatan serta pengelolaan sebuah halaman website. Karena cakupan tugasnya yang luas, web developer bisa dibedakan menjadi dua bagian atau divisi. Masing-masing memiliki fungsi maha penting yang tidak dapat terpisahkan satu sama lain.

Dua divisi ini adalah Front-End Developer serta Back-End Developer. Lalu, apa perbedaan fungsi dan job desk dari kedua divisi ini? Mari kita simak!

  • Fungsi Front-End Developer

Sesuai dengan namanya, jika di artikan front berarti depan. Seorang Front-End Developer bertugas untuk mengatur bagaimana tampilan depan dari sebuah website yang di akses oleh user. Mulai dari mengatur warna background, jenis font, ukuran bordir sampai dengan bilah navigasi yang bersifat user friendly.

Semua tampilan ini diatur dengan bahasa coding HTML, CSS (Cascading Style Sheet) serta bahasa pemrograman JavaScript yang dikontrol langsung oleh browser Anda. Jadi, seorang Front-End Developer ini merupakan orang yang bertanggung jawab atas tampilan muka laman website. Termasuk disana user experience serta user interface yang terbaik bagi pengguna.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Front-End Developer, sekurang-kurangnya ada tiga bahasa pemrograman yang harus di kuasai. Apa saja? Berikut penjelasannya!

  • HTML (Hypertext Markup Language)

Kualifikasi pertama yang harus dimiliki oleh seorang Front-End Developer adalah script HTML. Bahasa pemrograman HTML ini berfungsi sebagai dasar untuk membangun serta menyusun struktur sebuah halaman website.

  • CSS (Cascading Style Sheet)

Menguasai HTML tanpa CSS sama saja dengan mewarnai gambar tanpa pensil warna. Loh? Ya, mustahil. CSS merupakan script pelengkap dari html yang bekerja sebagai styling. CSS mengemban tugas penting terkait desain tampilan pada halaman website Anda.

Mulai dari mengatur background website, membangun navigasi, menetapkan jenis serta ukuran font, menyisipkan gambar, graphic maupun ilustrasi serta atribut desain lainnya yang akan mempercantik tampilan website Anda.

  • JavaScript

JavaScript merupakan jenis bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh seluruh web developer. Script ini berfungsi sebagai interaktifitas website yang Anda kelola. Jika html adalah kerangka, dan css sebagai tampilan antar muka. Maka JavaScript ini merupakan interaktif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan website Anda.

Untuk mencapai target maksimal dalam membangun tampilan antar muka ini, seorang Front-End Developer bisa bekerja sama dengan seorang designer. Designer yang memegang peranan dalam mendesain logo, ilustrasi serta graphic yang diperlukan. Kemudian fornt-end developer yang mengambil alih peranan untuk mengintegrasikan semua elemen ini ke halaman website.

  • Fungsi Back-End Developer

Jika Front-End Developer berkerja untuk tampilan antar muka yang langsung di akses oleh user, maka Back-End Developer bekerja sebaliknya. Seorang Back-End Developer bertanggung jawab atas komponen teknis sebuah website, mulai dari server, database sampai dengan aplikasinya.

Ketiga komponen ini haruslah bergerak sejalan agar fungsi Front-End Developer tadi dapat bekerja dan website bisa di akses oleh pengunjung. Meskipun tugas dari keduanya terlihat kontras, seorang Back-End juga biasanya memiliki skill yang dimiliki oleh Front-End Developer, begitupun sebaliknya.

Sebagai Back-End Developer, ada beberapa kualifikasi yang harus Anda kuasai dengan mahir. Apa saja yang harus dikuasai seorang Back-End Developer?

  • PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman terpopuler yang dipakai oleh web developer dengan teknologi backend. Disebut juga sebagai bahasa script ke dalam HTML dan dapat membangun sebuah CSS.

  • Phyton

Kualifikasi kedua yang harus dimiliki seorang Back-End Developer merupakan pemrograman Phyton. Pemrograman ini memungkinkan untuk mengeksekusi sejumlah instruksi sekaligus menggunakan orientasi objek. Ketangguhan inilah yang menjadikan Phyton populer di gunakan, terutama di Amerika.

  • NodeJS

Mengembangkan aplikasi juga termasuk salah satu dari job desk Back-End Developer. NodeJS merupakan dasar dari pemrograman JavaScript yang berfungsi sebagai perangkat lunak pengembang aplikasi berbasis web dengan teknologi backend.

  • SQL

SQL merupakan teknologi penyimpanan data terpopuler berbasis database relasional yang banyak digunakan oleh web developer hampir di seluruh dunia. SQL berisi sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data yang ada dalam penyimpanan database tadi.

 

Lantas, apa yang menjadi pembeda diantara web developer, web designer serta web master?

Singkat saja, jika seorang web developer bekerja sebagai perancang website mulai dari nol. Maka web designer serta web master memegang tugas serta peranan lainnya. Mari simak penjelasan tentang perbedaan web developer, web designer dan web master berikut.

Pengertian Web Designer

Jika web developer bekerja secara teknis, maka web designer bekerja dengan unsur-unsur visual yang akan ditampilkan pada halaman website nantinya. Desain tampilan muka ini tak hanya berfungsi sebagai daya tarik pengunjung. User interface merupakan sarana berkomunikasi antara pengunjung dengan laman website.

Melengkapi fungsi JavaScript inilah seorang web designer hadir. Selain itu seorang web designer haruslah memiliki pemahaman terkait Client-Side Scripting, HTML, CSS dan yang paling utama memiliki kemampuan editing visual yang baik. Seperti manipulasi foto, graphic, ilustrasi serta animasi flash.

Pengertian Web Master

Sesuai dengan namanya, web master merupakan seseorang yang menjalankan kedua tugas dari web developer dan web designer sekaligus. Tak hanya sebagai pengelola laman website, seorang web master juga bertanggung jawab atas optimasi mesin pencarian google atau SEO. Dari mulai mengisi content pada website sampai dengan memasarkannya.

Dalam sebuah kelompok kerja, web master akan menjadi seorang manager yang menaungi beberapa web developer serta web designer dibawahnya. Tentu saja sampai dengan melakukan pengujian terhadap usability aplikasi berbasis web yang telah dikembangkan.

Jadi perbedaan singkatnya adalah seorang Web Developer bekerja untuk mengembangkan website serta aplikasi. Web Designer bekerja dengan kemampuan artistik guna menghasilkan visual menarik sebagai daya tarik halaman website. Sedangkan Web Master merupakan seseorang yang mengelola semua kemampuan di atas, mulai dari pengembangan website sampai dengan penataan artistik.

Sudah jelas bukan sebenarnya apa itu web developer serta apa yang menjadi pembeda diantara web designer serta web master? Jika Anda tertarik menjadi bagian dari salah satu fungsi web development ini, diharuskan memiliki kemampuan coding, analisa pemahaman yang baik. Selain itu kemampuan solving the problem dan tentunya kemampuan berkomunikasi yang kuat.

Nah itu adalah ulasan yang membedakan apa itu web developer, web designer dan web master. Semoga dapat membantu Anda dalam bekerja atau pembelajaran mengenai SEO. Jika Anda ingin tahu apa saja komponen-komponen dalam dunia SEO, QQSEO menyediakan berbagai blog artikel yang akan membantu Anda. Selai itu kami menyediakan jasa SEO, Website, FB & IG Ads serta jasa Artikel. Sampai bertemu di lain waktu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *