Covid-19 Varian Omicron XBB Apakah Pandemi Masih Berlanjut

Pandemi Masih Berlanjut Terbaru Covid-19 Varian Omicron XBB

Gejala Varian Omicron XBB Seperti Flu Biasa, Ini cara Membedakannya

 

Angka kasus Covid-19 Indonesia melonjak kembali, di sebabkan munculnya mutasi terbaru covid-19 varian omicron xbb. Penambahan sebanyak 4.951 pasien, dan terus bertambah dari hari ke hari. Bertambah banyaknya korban Covid-19 harusnya membuat masyarakat untuk tetap waspada. Diketahui gejala omicron xbb ini mirip gejala flu biasa. Varian terbaru covid-19 di laporkan memiliki gejala yang cukup ringan. Berdasarkan laporan WHO.

 

Sudah Masuk ke Indonesia Tercatat 12 kasus covid 19 Omicron XBB

Gejala Varian Omicron XBB Seperti Flu Biasa

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan jumlah korban yang terpapar mutasi SARS-CoV-2 Omicron XBB menjadi 12 kasus. Rinciannya lima kasus di DKI Jakarta, empat kasus di Sumatera Utara, dan tiga lainnya di Jawa Timur, Lampung, dan Kalimantan Barat. Dua orang terpapar di singapura setelah melakukan Perjalanan Luar Negeri (PPLN). 10 kasus lainnya terpapar dari transmisi lokal. Sebaliknya gejala ringan yang di rasakan ke 12 pasien Covid-19 Varian Omicron XBB tersebut. Karakteristik yang di miliki mutasi covid 19 omicron xbb minim resiko dan tidak seberat Varian sebelumnya.

 

Perbedaan Gejala Covid-19 dan Flu Biasa

 

Masyarakat kembali diingatkan agar mewaspadai sejumlah gejala muncul. Lakukan segera test Covid-19 bila ada gejala yang muncul. Umumnya Covid-19 maupun flu menimbulkan gejala batuk. Tetapi pada Covid-19 batuk kering. Sementara flu batuk berdahak. Dokter spesialis paru Fathiyah Isbaniah, mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada meskipun mengalami gejala batuk berdahak. Pastinya akan sulit membedakan Covid-19 dengan flu biasa. Keduanya menimbulkan gejala yang sama seperti demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Gejala yang terjadi akibat infeksi virus omicron xbb cenderung ringan, yang merupakan perpaduan antara varian Delta dan Omicron. Gejalanya sama denganvarian Omicron, tapi ada kemungkinan bercampur dengan gejala khas varian Delta hilangnya idera perasa dan penciuman (anosmia). Berita terbaru ratusan nyawa melayang pada pesta hallowen itaewon.

 

Berikut beberapa gejala yang dirasakan pasien Terinfeksi Covid-19 Omicron XBB:

 

  1. Terjadi Keadaan Demam.
  2. Batuk.
  3. Badan Lemas.
  4. Sesak Napas.
  5. Nyeri Tenggorokan.
  6. Sakit Kepala.
  7. Pilek.
  8. Mual-Muntah.
  9. Terjadi Diare.
  10. Anosmia atau penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.